Berita Balangan

Siswa SMAN 1 Juai Asah Kemampuan di Ajang Festival si Palui di Banjarmasin

Sanggar Waluh Juai SMAN 1 Juai ikut berpartisipasi dalam gelaran lomba festival teater Si Palui ke-6 se Kalimantan Selatan

Siswa SMAN 1 Juai Asah Kemampuan di Ajang Festival si Palui di Banjarmasin
istimewa
Sanggar Waluh Juai SMAN 1 Juai yang akan ikut berpartisipasi dalam gelaran lomba festival teater Si Palui ke-6 se Kalimantan Selatan terus mengasah kemampuan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam rangka terus mengasah kemampuan berkesenian dan melestarikan kebudayaan daerah,  Sanggar Waluh Juai SMAN 1 Juai ikut berpartisipasi dalam gelaran lomba festival teater Si Palui ke-6 se Kalimantan Selatan yang diselenggarakan oleh Sanggar Titian Barantai (STB) Uniska Banjarmasin, kemarin.

Gelaran yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke 19 Sanggar Titian Barantai Uniska Banjarmasin ini, diikuti oleh belasan sanggar yang ada di Kalimantan Selatan baik sanggar sekolah maupun mahasiswa atau umum.

Untuk Kabupaten Balangan, Sanggar Waluh Juai adalah satu-satunya sanggar tingkat pelajar yang mengikuti gelaran festival teater yang diselenggarakan di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Banjarmasin selama 3 hari ini yakni dari 27 s/d 29 April 2018 dengan mengangkat tema "democrazy".

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Korea Utara PSSI Anniversary Cup 2018

Nasdianur Irawan sutradara sekaligus  pembina ekstrakurikuker teater di SMAN 1 Juai kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (30/4/2018) mengatakan, untuk festival teater Si Palui 6 ini,  sanggar waluh juai mengangkat teater komedi dengan judul "Pamilihan Pambakal" dengan melibatkan 8 aktor dan aktris,  5 orang pemain musik,  6 orang kru dan 3 orang guru pendamping.

"Walaupun latihan anak-anak sangat terbatas waktunya karena banyak agenda yang dilalui anak-anak seperti ujian nasional, rangkaian aruh smansaju dan persiapan festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) tingkat kabupaten dan provinsi, tetapi semua pihak yang terlibat tetap berusaha semaksimal mungkin baik siswa maupun pengajar yang terlibat," ujarnya.

Sanggar Waluh Juai SMAN 1 Juai ikut berpartisipasi dalam gelaran lomba festival teater Si Palui ke-6 se Kalimantan Selatan2
Sanggar Waluh Juai SMAN 1 Juai ikut berpartisipasi dalam gelaran lomba festival teater Si Palui ke-6 se Kalimantan Selatan2 (istimewa)

Menurutnya, banyak hal yang diupayakan dan korbankan untuk mencapai tujuan ini, semoga akan menjadi media belajar yang baik bagi siswa, sebagai sarana silaturahmi dengan seniman dari berbagai pelosok yang ada di Kalsel ini baik yang tua maupun muda.

Baca: Barcelona Juara Liga Spanyol 2018, Lionel Messi Dekati Rekor Hattrick Cristiano Ronaldo

"Yang paling penting bisa mencuri ilmu dan memperkaya wawasan berkesenian dan turut serta dalam melestarikan budaya dan bahasa daerah dengan bermain teater ini," pungkasnya.

Sedang Kepala SMAN 1 Juai Norparidah mengatakan, selalu mendukung kegiatan yang diikuti siswa selama tidak mengganggu pelajaran,  positif dan akan membentuk karkter baik.

"Berharap semoga anak-anak yang tergabung dalam sanggar waluh juai ini bisa mengharumkan nama baik sekolah dan nama Balangan di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan," tutupnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help