Berita Kalteng

Bantu Evakuasi Tim Relawan Siapkan Perahu Karet, Palangkaraya Ditetapkan Tanggap Darurat Banjir

Sejumlah relawan tampak memarkir perahu karet kemudian melakukan penyisiran ke rumah-rumah warga yang terendam banjir

Bantu Evakuasi Tim Relawan Siapkan Perahu Karet, Palangkaraya Ditetapkan Tanggap Darurat Banjir
Istimewa
Petugas dan tim relawan menyiapkan alat evakuasi berupa perahu karet untuk korban banjir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Luapan air Sungai Kahayan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah hingga, Selasa (1/5/2018) makin naik. Warga mulai mengungsi dari rumah yang terendam, sehingga tim relawan, menyiapkan perahu karet untuk bantuan evakuasi tersebut.

Sejumlah relawan tampak memarkir perahu karet kemudian melakukan penyisiran ke rumah-rumah warga yang terendam banjir akibat luapan sungai Kahayan yang setiap hari debitnya naik akibat tumpahan air dari berbagai sungai yang ada di daerah hulu.

"Kami memang merasa terbantu dengan adanya perahu karet untuk evakuasi ke dataran yang lebih tinggi, sebab saat ini tidak mungkin lagi tidur di rumah yang banjirnya hingga sedada ini," ujar Firman, salah satu warga Mendawai.

Baca: 5 Fakta Richard Kyle yang Dikabarkan Bersama Jessica Iskandar di Bali, Ternyata Anak Mama Loh

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng, Darliansjah mengatakan, melihat kondisi banjir di Palangkaraya, pihaknya merekomendasikan agar Pemko Palangkaraya menetapkan status tanggap darurat banjir."Status Palangkaraya sudah tanggap darurat banjir,"ujarnya.

Sementara itu,  Kapolres Palangkaraya, AKBP Timbul RK Siregar, mengatakan, pos komando (Posko) banjir sudah dibangun Kelurahan Marang Kecamatan Bukitbatu, dilengkapi dengan  petugas pelayanan kesehatan berikut obat-obatan, serta petugas pemberi info dan bantuan evakuasi.

Informasi terhimpun, sebanyak 30 rumah terendam di Tumbang Tahai, 90 rumah terendam di Kelurahan Marang, dan 60 rumah di Rakumpat. 100 rumah di Kelurahan Petuk Ketimpun terendam, Kawasan Maendawai dan Tumbang Rungan, belum terdata. (www.banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help