Bumi Antaluddin

Pemkab HSS Tingkatkan Siaga Karhutla 2018

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama dengan perusahaan perkebunan sawit di HSS melaksanakan kegiatan apel

Pemkab HSS Tingkatkan Siaga Karhutla 2018
istimewa/Kominfo HSS
Apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan di Lapangan Datu Durabu Kecamatan Kalumpang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama dengan perusahaan perkebunan sawit di HSS melaksanakan kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kabut asap, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan Apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan di Lapangan Datu Durabu Kecamatan Kalumpang, HSS ini dipimpin Sekda HSS HM Ideham.

Turut hadir Dandim 1003/Kandangan Letkol Suhardi Aji S, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko, GM Area Kalsel Amara Grup Didik Martanto, para pejabat lingkup Pemkab HSS.

simulasi penanganan bencana kabut asap dan Karhutla
simulasi penanganan bencana kabut asap dan Karhutla (istimewa/Kominfo HSS)

Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh anggota TNI, Polri, kerukunan dan relawan penanggulangan bencana, perusahaan kelapa sawit yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kalsel yaitu PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS) dan PT Subur Agro Makmur (SAM).

Pada kegiatan yang berlangsung pada Senin, (30/4) ini juga dirangkai dengan simulasi penangangan bencana kabut asap dan Karhutla.

Sekda HSS HM Ideham mengatakan untuk penanganan bencana karhutla langkah efektifnya dengan menggerakkan seluruh komponen baik perusahaan, Polri, TNI, masyarakat, serta organisasi, relawan dan semua pihak yang terkait.

Deteksi dini harus terus dilakukan sebagai langkah pencegahan. Kesiapan sumber daya manusia (SDM) hingga peralatan harus terus dicek dan diperhatikan, termasuk dalam pengaktifan satgas.

Termasuk pembinaan dan memberikan wawasan dan kesadaran para pengelola lahan atau kawasan untuk mencegah terjadinya karhutla.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan PB, Kesbangpol) HSS, Efran mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah karhutla di Kabupaten HSS.

"Persiapan serius terus dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan Karhutla di HSS. Simulasi karhutla juga sebagai bentuk kesiapan dan persiapan dalam hal pencegahan dan pemadaman saat terjadi Karhutla,” tambahnya.

Administrator PT SLS, Sugito menjelaskan untuk mencegah karhutla pihak perusahaan sudah menyiapkan berbagai peralatan yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Pihaknya juga ada membentuk tim kesiapsiagaan dan tanggap darurat (TKTD) serta kelompok tani peduli api (KTPA).

“Setiap hari, tim patroli dari Perusahaan bersama pihak terkait juga rutin melakukan patroli untuk memantau dan mencegah munculnya sumber titik api" ujarnya.

Selaku tuan rumah pelaksanan apel kesiapsiagaan bencana dan simulasi Karhutla 2018, PT SLS berkomitmen bersama pemerintah Kabupaten HSS dan semua pihak terkait untuk mencegah terjadinya Karhutla di HSS.

GM Area Kalsel Amara Grup Didik Martanto menegaskan pihaknya sangat serius dalam hal pencegahan dan penanganan Karhutla tidak hanya di wilayah perkebunan sawit, namun juga dilingkungan sekitar perusahaan.

"Perusahaan berkomitmen dalam upaya melakukan tindakan pencegahan Karhutla. Kita juga melakukan pelatihan dan pembinaan tim khusus dalam hal penangangan dan pencegahan Karhutla dan membina kelompok tani peduli api (KTPA). Ada sembilan desa yang sudah dibina dan sudah terbentuk KTPA oleh PT SLS," tambahnya. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help