Penyalahgunaan Gula Rafinasi

Polda Kalsel Amankan 25 Ton Gula Rafinasi yang Akan Dikemas Ulang

Kombes Rizal, Direktur Kriminal Khusus, AKBP Suyitno, Kasubdit Indag, mengungkapkan, langkah penindakan itu dalam rangka intruksi

Polda Kalsel Amankan 25 Ton Gula Rafinasi yang Akan Dikemas Ulang
BPost Cetak
gula rafinasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kombes Rizal, Direktur Kriminal Khusus, AKBP Suyitno, Kasubdit Indag, mengungkapkan, langkah penindakan itu dalam rangka intruksi Kabareskrim menjelang bulan Ramadan.

"Dalam hal ini satgas pangan Polda Kalsel yakni Subdit Indag Krimsus menindaklajuti kabagreskrim upaya-upaya pencegahan maupun penanggulangan bahan-bahan pokok yang antisipasi kerawanan," paparnya di Mapolda Kalsel, Senin (30/4).

Kata Rizal, penyalahgunaan gula rafinasi yang dikemas ulang itu jelas-jelas melanggar hukum.

Baca: 5 Fakta Richard Kyle yang Dikabarkan Bersama Jessica Iskandar di Bali, Ternyata Anak Mama Loh

Kata dia pelaku bisa dikenakan pasal 139 jo Pasal 84 ayat (1) atau Pasal 143 jo Pasal 99 UU RI No18 tahun 2012 tentang pangan ancaman. Hukuman 5 tahun dan denda Rp 10 miliar.

Selain juga pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf (f) dan huruf (I) UU RI Bi8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Ancaman Hukuman 5 Tahun denda Rp 2 miliar.

Pihaknya berteriama kasih laporan dari masyarakat adanya tindak pidana yang dilakukan oleh spekulan yang mencari keuntungan dengan cara melanggar hukum.

Baca: Ini Doa Berbuka Puasa Sunah Nisfu Syaban Lengkap Dalam Bahasa Arab dan Indonesia Beserta Artinya

“Dari hasil penyelidikan ternyata ada beberapa barang bukti, dan pelanggaran pidana yakni gula rafinasi untuk industri dikemas ulang ke dalam karung dan plastik kosong tanpa merk," ucapnya.

Di lokasi tersebut pihaknya mengamankan 10 sak karung @50 kg. KKR produksi PT BMM, 388 sak karung @50 kg merk raja gula yang kristal rafinasi produksi PT BMM, 94 sak/karung @50 kg karung putih polos tanpa merk berisi gula kristal rafinasi produk PT BMM.

Baca: Sadis, Pemilik Bengkel Paksa Bocah Yatim Piatu Siramkan Oli Bekas ke Atas Kepala Gara-gara Hal Ini

Selain itu disita pula 3 unit mesin jahit karung , 5 rol benang jahit karung, 75 ikat karung isi @25 lembar karung kemasan kristal rafinasi merk BMM dan 2000 lembar karung polis warna putih tanpa merk.

"Untuk gula rafinasi yang kita amankan sekitar 25 ton totalnya," timpal AKBP Suyitno.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help