Menguak Fakta Tidur Ketindihan Setan

Tiga Hal yang Harus Dihindari Agar Terhindar dari 'Ketindihan Setan' menurut dr Arman Jaya

dr Arman Jaya mengatakan tiap orang memiliki kemungkinan mengalami ketindihan. Tidak ada perbedaan antara pria dan wanita.

Tiga Hal yang Harus Dihindari Agar Terhindar dari 'Ketindihan Setan' menurut dr Arman Jaya
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
dr Arman Jaya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Fenomena ketindihan ini memang sering dialami sebagian orang. Sebab itu, perlu melakukan beberapa hal untuk menghindari ketindihan setan saat tidur.

Di antara yang harus dilakukan adalah mencukupi kebutuhan tidur. Bila waktu tidur dirasa cukup, maka peristiwa seperti itu bisa dihindari.

Menurut ahli medis, dr Arman Jaya mengatakan tiap orang memiliki kemungkinan mengalami ketindihan. Tidak ada perbedaan antara pria dan wanita.

Ada yang mengalami ketindihan satu hingga dua kali saja seumur hidup, namun ada juga yang menghadapi beberapa kali dalam satu bulan atau lebih sering lagi.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) RCTI Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan PSSI Anniversary Cup 2018

Beberapa perubahan kebiasaan, sering kali efektif mengatasi fenomena ketindihan. Misalnya memastikan terpenuhinya waktu yang dibutuhkan untuk tidur, yaitu sekitar 6-8 jam tiap malam, memperbaiki lingkungan tempat tidur, atau mulai tidur dan bangun pada jam yang sama secara teratur.

Pola hidup sehat lain juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sleep paralysis, seperti sering olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi kafein, menghindari konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok.

Sementara itu, tanda-tanda yang perlu diwaspadai yaitu kelumpuhan pada masa tidur sering kali tidak membutuhkan penanganan khusus, namun segera periksakan diri Anda jika kemudian mengalami hal-hal berikut:

1. Rasa cemas atau khawatir berlebihan.

2. Merasa lelah seharian.

3. Tidak dapat tidur semalaman.

Selain itu, penggunaan obat-obatan hanya boleh dilakukan berdasarkan saran dokter. Kemungkinan dokter akan memberi obat antidepresan untuk membantu mengatasi hal tersebut.

Baca: 5 Fakta Richard Kyle yang Dikabarkan Bersama Jessica Iskandar di Bali, Ternyata Anak Mama Loh

Mengalami peristiwa ketindihan pada umumnya membuat seseorang merasa takut. Namun tidak perlu khawatir berlebihan. Dengan memperbaiki pola tidur dan menerapkan gaya hidup sehat, sering kali efektif dalam mengurangi risiko terulangnya peristiwa tersebut. Jika gejala berlanjut dan mulai mengganggu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaiknya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved