Berita Banjarmasin

Ijtima Ulama ke-6 Bahas Tiga Garis Besar, Termasuk Topik Donor Organ dan LGBT, Ini Penjelasannya

Topik dibahas antara lain fatwa menjaga negara dan bela negara, penguatan kerukuan ukhwuah Islamiah, pemberdayaan ekonomi umat.

Ijtima Ulama ke-6 Bahas Tiga Garis Besar, Termasuk Topik Donor Organ dan LGBT, Ini Penjelasannya
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Panitia MUI Kalsel dan jajaran Pemprov Kalsel membahas persiapan penyelenggaraan Ijtima Ulama di Kalsel dan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN - Wakil ketua umum MUI Kalsel, Prof Dr HA Hafiz Anshary, AZ, MA, Kamis (3/5/2018) menjelaskan bahwa ada tiga garis besar materi yang akan dibahas dalam pertemuan Ijtima' Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia ke 6, yang diselenggarakan di Pondok Al Falah Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada tanggal 7-10 Mei 2018.

Tiga garis besar itu, yakni tentang masalah-masalah asas dalam berkehidupan bernegara. Kedua, tentang fiqih-fiqih kontemporer yang menyelimuti kehidupan umat di dalam bernegara. Ketiga, soal masalah perundang-undangan.

Dari tiga garis besar itu akan diturunkan beberapa topik.

"Topik yang dibahas antara lain fatwa menjaga negara dan bela negara, penguatan kerukuan ukhwuah Islamiah, pemberdayaan ekonomi umat.

Baca: Panitia MUI Kalsel Masih Terus Update Rencana Kedatangan Jokowi di Pembukaan Ijtima Ulama

Kemudian politisasi agama, tranparansi perpajakan,dan hak kepemilikan lahan dan terkait zakat, bantuan hukum, pendapatan zakat," paparnya.

Selain itu, juga ada masalah haji, pengalokasian bidang haji , kesehatan haji, penggunaan darah dalam obat-obatan dan, dan kandunungan alkohol dalam obat dan lainnya.

"Juga akan dibahas soal fatwa donor organ dan LGBT," tambahnya.

Menurutnya kegiatan ini sangat didukung oleh Gunernur Kalsel Sahbirin Noor bahkan Gubernur sangat senang dan mendukung.

"Gubernur mendukung dan kata Gubernur 5 S yakni saya sungguh sangat senang sekali," papar Hafiz mengutip kata Gubernur. (banjarmasinpost.co.id/huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help