Berita Banjarmasin

Zaman Now Ahli Gizi Dituntut Profesional Dalam Pelayanan Gizi Lansia

Seiring perkembangan zaman, tentunya pengaturan gizi menjadi perhatian tersendiri, apalagi bagi lansia di atas 60 tahun.

Zaman Now Ahli Gizi Dituntut Profesional Dalam Pelayanan Gizi Lansia
banjarmasinpost.co.id/salmah
Wahyu Hardi Prasetyo bersama Tim Gizi RSSH Bandung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seiring perkembangan zaman, tentunya pengaturan gizi menjadi perhatian tersendiri, apalagi bagi lansia di atas 60 tahun. Di Indonesia, pada 2016 ada 23 juta lansia. Dan angka ini semakin meningkat di tahun 2025 yang diperkirakan 36 juta jiwa.

Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD/Dietesien RSUD Ulin Banjarmasin, mengatakan, sekarang ahli gizi dituntut mampu dalam penanganan lansia baik di masyarakat, puskesmas, posyandu dan rumah sakit.

"Diharapkan nantinya berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia dan meningkatkan serta memperpanjang angka harapan hidup," jelasnya.

Seiring dengan itu tepat, sekali RS Ansyari Saleh Banjarmasin menyelenggarakan Workshop Manajemen Terapi Diit bagi pasien Geriatri dalam Pemenuhan Standard Akreditasi SNARS pada awal April lalu.

Workhsop dengan narasumber dari Tim Gizi RSSH Bandung, Ibu Ice, Ibu Lebni dan Ibu Sri Ani serta Dr Wiwit SpPD K-Ger dari Rs Ansyari Saleh.

"Semuanya bertujuan bertujuan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan para tenaga ahli gizi atau nutrisionis atau dietesien rumah sakit," ujar Wahyu yang juga kordinator Bidang Gizi Klinik Institusi Persagi DPD Kalsel

Baca: Live! Debat Pilgub Jateng 2018 Jam 19.00 Streaming TV One dan Metro TV : Ganjar Buka Soal E-KTP

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Final Liga Champion Real Madrid vs Liverpool - Klopp: Keberuntungan

Dari pengaturan gizi lansia perlu memperhatikan data subyektif dan obyektif sehingga kita dapat mengatur makanan dengan memperhatikan zat gizi seimbang.

Kermampuslan mengunyah makanan, bentuk makanan, variasi makan, porsi makanan lansia, kesukaan lansia penyakit penyerta CV dari lansia.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved