Jerat UU Narkotika untuk Pengedar Zenith

Zenith Masuk Narkotika Golongan I, DPRD Kalsel Sudah Bikin Perda Sebagai Efek Jera Pelaku

Sebelumnya pihaknya sudah mendukung dengan membuat perda yang memperkuat efek jera penguna zenith.

Zenith Masuk Narkotika Golongan I, DPRD Kalsel Sudah Bikin Perda Sebagai Efek Jera Pelaku
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (3/5/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Suripno Sumas, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, menilai baik masuknya  zenith ke UU narkotika. Sebelumnya pihaknya sudah mendukung dengan membuat perda yang memperkuat efekjera penguna zenith.

Perda tersebut disempurnakan mengarah kepada penguatan fasilitasi penggunaaan zat adiktif.

Yang dimaksudkan dalam penguatan fasilitasi penguatan preventif alias pencegahan semisal melakukan tes urine kepada anak sekolah dan sejenisnya.

Seperti diketahui, bahan kimia Carisoprodol yang dipasarkan dengan nama Somadril (PCC), dan ada dalam kandungan obat psikotropika zenith, berdasar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7/2018 kini masuk dalam narkotika golongan 1.

Baca: Ada Penampakan Dewi Sanca Tidur Mangap, Netizen Bilang Dia Sedang Selfie

Baca: Agar Tak Salah, Polisi Jerat Jerat Pelaku Zenith dengan UU Narkotika dan UU Kesehatan

Carisoprodol adalah obat dengan resep yang dipasarkan sejak 1959. Obat tersebut merupakan relaksan otot yang menghasilkan efek seperti obat penenang yang mengurangi aktivitas di otak yang dipastikan menimbulkan kecanduan dan kemungkinan fatal ketika diambil bersamaan dengan alkohol.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merinci 10 produk obat yang mengandung carisoprodol, yaitu Carnophen, Rheunmastop, Somadril Compositum, New Skelan, Carsipain, Carminofein, Etacarphen, Cazerol, Bimacarphen, dan Karnomed.

Menurut Akhmad Yani, Kabid Farmasi Dinkes Kalsel, perubahan gol 1 dari obat yang dimaksudnya ke narkoba sudah dikaji tim BPOM guna memberikan efek jera karena banyaknya penyalahgunaan.

'"Semua merk obat yang mengandung Carisoprodol dicabut izin edarnya (illegal) karena banyaknya penyalahgunaan. Khasiat carisoprodol sebenarnya masih diperlukan untuk obat tulang (mengurangi sakit). Namun karena penyalahgunaan tadi akhirnya dilarang, " kata dia.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved