Berita Banjarmasin

Warga Batu Batu Benawa Pusing, Dua Lansia Terlantar Ditolak Panti Jompo

Panti jompo milik Dinas Sosial Provinsi Kalsel menolak menampung Ibu Masnah di panti jompo tersebut.

Warga Batu Batu Benawa Pusing, Dua Lansia Terlantar Ditolak Panti Jompo
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Masnah, warga Jl Batu Benawa 7, Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin Tengah lansia dalam kondisi buta mata sekarang dirawat warga secara bergantian 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga Jl Batu Benawa 7, Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin Tengah benar-benar dibuat puting. Sebab, Panti jompo Tresna Werda Budi Sejahtera di Km 21 Landasan Ulin dan Sungai Paring Martapura milik Dinas Sosial Provinsi Kalsel menolak menampung Ibu Masnah di panti jompo tersebut.

"Iya warga benar-benar pusing. Selama setahun, warga merawat lansia terlantar tersebut. Panti jompo milik dinas sosial tak mau menampung. Kami ikhlas saja, tapi harusnya negara ikut memikirkan para lansia terlantar ini," kata Ny Rita, salah satu warga warga Jl Batu Benawa 7, Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin, Jumat (4/5/18).

Seperti diketaui lansia terlantar lainnnya yang ditolak panti jompo milik dinas sosial Kalsel yakni, Junaidi, warga Jl Kelayan Kecil RT 18, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan.

Rita, salah satu warga warga Jl Batu Benawa 7, Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin Tengah yang ikut mengurus Ibu Masnah lansia terlantar berharap Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarmasin serius para lansia terlantar yang sudah tak punya keluarga.

Baca: Mitos Galuh, Gadis Alam Gaib Penabur Intan dan Sejumlah Pantangan di Pendulangan Intan

"Lansia terlantar Masnah selain buta, tak punya keluarga. Hanya mengandalkan belas kasihan warga saja untuk makan dan tempat tinggal. Kita harapkan, Pemko Banjarmasin dan Pemprov Kalsel memikirkan lansia terlantar seperti Ibu Masnah," katanya.

Dijelaskannya, lansia terlantar Ibu Masnah selama ini tinggal pindah-pindah di tempat tetangga. Warga sudah mengajukan agar lansia terlantar bisa ditampung di panti sosial milik Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

"Padahal, ibu Masnah mendapatkan rekomendasi dari dinas sosial Kota Banjarmasin untuk masuk panti jompo milik Provinsi Kalsel.. Penolakan dari panti jompo karena penampungan penuh, menunggu kalau ada yang meninggal dunia atau lansia yang dijemput keluarganya," katanya.

Baca: Pasangan Cagub-Cawagub Jawa Barat Ini Temui Habib Rizieq di Makkah, Dapatkan Pesan Ini

Rita juga mengharapkan perhatian Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk para lansia terlantar di Banjarmasin yang tak terurus. Sebab, informasinya kewenangan penampungan lansia terlantar itu ada di provinsi Kalsel, bukan di dina sosial kota.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Adi Santosa, menegaskan tempat tidur dan kamar di panti jompo Tresna Werda Budi Sejahtera di Km 21 Landasan Ulin dan Sungai Paring Martapura ini overload dan tak bisa menampung lagi tambahan lansia terlantar. (banjarmasinpost.co.id/ogi)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help