Berita Kabupaten Banjar

HKTI Kabupaten Banjar Buka Rumah Bersama Petani Banjar, Jadi Wadah Kumpul dan Berbagi Ini

Menjadi kantor sekretariat HKTI pertama yang diresmikan di Kalsel. Lokasinya berada di Jalan A Yani Kilometer 39 Komplek Pertokoan

HKTI Kabupaten Banjar Buka Rumah Bersama Petani Banjar, Jadi Wadah Kumpul dan Berbagi Ini
m fadli setia rahman
Peresmian Rumah Bersama Petani Banjar sekaligus Sekretariat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Banjar berlangsung penuh hikmat, Sabtu (5/5/2018) sekitar pukul 14.00 Wita. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Peresmian Rumah Bersama Petani Banjar sekaligus Sekretariat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Banjar berlangsung penuh hikmat, Sabtu (5/5/2018) sekitar pukul 14.00 Wita.

Menjadi kantor sekretariat HKTI pertama yang diresmikan di Kalsel. Lokasinya berada di Jalan A Yani Kilometer 39 Komplek Pertokoan Sekumpul, Martapura.

Pemotongan pita bunga oleh Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menandai peresmian Rumah Bersama Petani Banjar sekaligus Sekretariat HKTI Kabupaten Banjar.

Saat acara peresmian, juga dilangsungkan penandatanganan MoU dengan PD Pasar Bauntung Batuah terkait pengelolaan pasar petani di Gambut.

Diadakan pula pelatihan peternak Itik setelah acara peresmian dan dilakukan Pembentukan Unit Bisnis "Koperasi MARTA Sejahtera" (Masyarakat Tani Sejahtera) HKTI Kabupaten Banjar.

"Rumah bersama petani Banjar ini akan buka 24 jam. Sebenarnya ini adalah kantor Sekretariat HKTI Kabupaten Banjar, tapi kami tak mau sekedar fungsi kantor saja, namun ada unit-unit kerja yang kami sebut unit bisnis," kata Ketua HKTI Kabupaten Banjar Ahmad Faisal.

Rumah bersama itu akan jadi wadah para petani di Kabupaten Banjar untuk saling berbagi solusi tani. Sederhananya, para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Banjar, kumpul bersama di tempat tersebut. Dapat konsultasi pertanian dan pengolahan pakan secara gratis.

"Jadi semua diskusi di sini, istilah kerennya itu FGD, tapi di kalangan petani, dari apa yang menjadi persoalan tani mereka dan akan dicari solusi bersama dan akan diadakan pelatihan juga," ungkap Faisal.

Pelatihan dijadwalkan sebulan sekali. Pematerinya di kalangan sendiri juga, juga dihadirkan dari Bank untuk memberi pelatihan.

"Empat bulan ke depan sudah kami jadwalkan. Bulan Ramadan nanti, pelatihan packing, bulan depannya lagi akan bicara bagaimana pengolahan tanah yang sesuai di Kabupaten Banjar, lalu di bulan Agustus, pelatihan mengenai Ayam Kampung," paparnya.

Hadir saat acara peresmian tersebut, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Ketua HKTI Kalsel M Rifqinizamy Karsayuda, para pengurus HKTI Kabupaten Banjar dan tamu undangan lainnya. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help