Kampusiana

Penampakan Kampus Terapung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Telan Dana Puluhan Miliar!

Penasaran sama konsep Floating Campus yang kini dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Banjarmasin?

Penampakan Kampus Terapung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Telan Dana Puluhan Miliar!
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kampus terapung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Sabtu (5/5/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Penasaran sama konsep Floating Campus yang kini dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Banjarmasin?

Tidak tanggung-tanngung. Dalam pembangunan kampus itu, disampaikan oleh Rektor UM Banjarmasin, Ahmad Khairuddin, dana yang digunakan mencapai puluhan miliar rupiah. Terlebih ada dua gedung lainnya sebagai pendukung.

Masing-masing gedung tak kalah perihal biaya. Khususnya gedung UMB Convention Center dan Masjid yang akan didirikan nantinya. Yakni masing-masing mencapai dana Rp 30 miliar.

Gedung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Kamis (4/5/2018)
Gedung Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto diambil Kamis (4/5/2018) (BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti)

Bertempat di Jalan Gubernur Sarkawi, Lingkar Utara, Kabupaten Barito Kuala, Kampus Utama UM Banjarmasin menyajikan konsep floating kampus, atau kampus terapung. Bahkan menjadi kampus terapung pertama di Indonesia.

Baca: Hasil Juventus Vs Bologna : Menit 63 Sami Khedira Membalik Keadaan untuk Kemenangan Si Nyonya Tua

Baca: Kisah Kampung Mentaya Seberang, Tak Punya Akses Darat ke Pusat Kota, Cikal Bakal Lahirnya Sampit

Gedung utama Kampus UM Banjarmasin tersebut mempunyai luasan 13.100 meter. Dimana pada bagian depan sisi kiri dan kanan gedung terdapat danau buatan.

Rencananya, konsep floating kampus dikatakan nantinya dikatakan Khairuddin akan dibuatkan danau di bagian belakang. Dimana luasan danau tersebut mencapai dua hektar.

(Foto: Dok. pribadi) Rektor UM Banjarmasin, Prof Ahmad Khairuddin, mengayuh jukung di danau kampus UM Banjarmasin. Foto dirilis Kamis (4/5/2018)
(Foto: Dok. pribadi) Rektor UM Banjarmasin, Prof Ahmad Khairuddin, mengayuh jukung di danau kampus UM Banjarmasin. Foto dirilis Kamis (4/5/2018) (via BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti)

Tak habis disitu, Floating Campus juga menyajikan pemandangan pulau. Telah dikonsepkan, akan ada pulau buatan di bagian tengah kampus yang nantinya bisa digunakan untuk outbund dan lapangan olahraga.

Saat ini, pembangunan awal gedung UM Banjarmasin terdiri dari enam lantai disisi tengahnya. Selain itu empat lantai masing-masing disisi kanan dan kiri bangunan.

Konsep floating campus yang disajikan. Memang sekarang rupanya sudah mulai terlihat. Apalagi danau buatan pada bangunan yang nampak megah itu juga sudah disediakan perahu.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help