Berita Banjarmasin

Banjarmasin Luncurkan Data Kota, Ibnu Akan Kolaborasikan dengan Konsep Smart City

Pemko melalui Bappeda meluncurkan datakota.id yang merupakan situs web informasi berbasis peta geospasial dengan berbagai fitur.

Banjarmasin Luncurkan Data Kota, Ibnu Akan Kolaborasikan dengan Konsep Smart City
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
PELUNCURAN sistem informasi perkotaan datakota.id, di aula Kayuh Baimbai, Senin (7/5/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keberadaan website datakota.id, sangat membantu memetakan data kemiskinan di Kota Banjarmasin dan di dinas sosial sendiri itu ada aplikasi terkait basis data terpadu (BDT)
sehingga diketahui berapa jumlah penduduk miskin dan dimana sebaranya.

"Per kecamatan, kelurahan dan per RT bisa dirinci data kemiskinannya," kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina saat peluncuran sistem informasi perkotaan datakota.id, di Aula Kayuh Baimbai, Senin (7/5) siang.

Menurutnya, sebagai kota yang smart city, tentunya keberadaan data kota sangat diperlukan.
Untuk itulah pemko melalui Bappeda meluncurkan datakota.id yang merupakan situs web informasi berbasis peta geospasial dengan berbagai fitur.

Baca: PTUN Tolak Gugatan HTI, Massa HTI Langsung Sujud Syukur

"Termasuk untuk perbandingan antar daerah dan keadaan, perbandingan dengan grafik batang, dan fitur buat sendiri infografis kelurahan," katanya.

Ditambahkannya, dengan adanya platform informasi datakota, id Pemko Banjarmasin semakin tanggap dalam membaca dan memberikan solusi perkotaan sesuai dengan keadaan sosial kemasyarakatan sebenarnya di lapangan.

"Saya juga mendukung kesiapan perangkat pemerintahan dari tim datakota.id untuk pertama kali di Indonesia memberikan sebuah website yang bermanfaat bagi kota Banjarmasin terutama aspek perencanaan dan pengembangan karena data ini sudah menggunakan peta digital," ucap Ibnu.

Ibnu memiliki rencana mengkolaborasikan dengan Smart City Banjarmasin agar bisa terintegrasi melalui tim Command Center Banjarmasin dengan tim datakota.id sehingga bisa tersaji dengan baik.

"Silahkan masyarakatg buka http://www.datakota.id/banjarmasin," kata Ibnu Sina.

Baca: Nahas, Motor yang Dikendarai Suaminya Tabrak Buritan Dump Truk, Mulut Tukinem Berlumur Darah

Menurut Ibnu, perencanaan kota berbasis data dapat mendekatkan pembangunan perkotaan dengan masalah riil yang terjadi di masyarkat. Sejak 2017 silam, yayasan kota kita bekerjasama dengan Pemko untuk melakukan pengumpulan data bersama masyarakat.

"Tujuannya untuk menyusunm informasi perkotaan berbasis geopsial. Informasi ini mencakup keadaaan dan diagnosis perkotaan dan keadaan sosial masyarakat. Bahkan informasi berkait fasilitas umum sekalipun, " katanya.

Dipaparkanya, informasi dapat diakses secara luas melalui alamat situs web platform Data Kota di: http://www.datakota.id/banjarmasin. Diharapkan keberadaan situs ini dapat mendukung ketertbukaan informasi, perencanaan pembangunan kota Banjarmasin yang lebih inklusif. (banjarmasinpost.co.id/ogi).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help