Ekonomi dan Bisnis

BPS: Bisnis Tumbuh, Tapi Optimisme Pelaku Bisnis Menurun

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada kuartal I-2018 Indeks Tendensi Bisnis (ITB) tumbuh sebesar 106,28.

BPS: Bisnis Tumbuh, Tapi Optimisme Pelaku Bisnis Menurun
KONTAN
Kepala BPS Suhariyanto Kepala BPS Suhariyanto 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -  Didorong optimisme pelaku bisnis pada seluruh kategori lapangan usahaBadan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada kuartal I-2018 Indeks Tendensi Bisnis (ITB) tumbuh sebesar 106,28.

Angka tersebut menunjukkan kondisi bisnis secara umum masih tumbuh walaupun optimisme pelaku bisnis lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 111,02.

Optimisme pelaku bisnis terjadi pada seluruh kategori lapangan usaha, kecuali pada lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian dan Konstruksi.

Peningkatan kondisi bisnis dan optimisme pelaku bisnis diperkirakan terjadi pada kuartal II-2018, dengan proyeksi angka ITB hingga 109,33.

Baca: Rupiah Kembali Loyo, Ditutup Melemah ke Level Rp 14.000 Per Dolar AS

Optimisme peningkatan tersebut dikarenakan adanya peningkatan order dari dalam negeri, order dari luar negeri, maupun peningkatan harga jual dengan nilai indeks masing-masing sebesar 114,01; 101,26; 116,31.

Perbaikan kondisi bisnis juga ditunjukkan dengan order barang input yang diperkirakan meningkat dengan indeks sebesar 105,74.

Peningkatan tertinggi untuk komponen order dari dalam negeri diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Jasa Keuangan dan Asuransi dengan nilai indeks sebesar 160,38.

Peningkatan harga jual produk dan order barang input tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor dengan indeks masing-masing sebesar 127,09 dan 121,04.

(Penulis: Brian Priambudi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BPS: Bisnis Tumbuh, Tapi Optimisme Pelaku Bisnis Menurun,


Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved