Yayasan Adaro Bangun Negeri

Investasi Karakter untuk Generasi Kalimantan

Baru-baru ini berbagai media tengah dihebohkan dengan kisah dua orang anak usia sekolah dasar yang melakukan tindak

Investasi Karakter untuk Generasi Kalimantan
BANJARMASINPOST.co.id/dony usman
YABN 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Baru-baru ini berbagai media tengah dihebohkan dengan kisah dua orang anak usia sekolah dasar yang melakukan tindak kriminal dan terekam kamera CCTV ruang ATM di kota Makassar.

Berpura-pura sebagai peminta-minta, mereka menggunakan trik untuk mengambil uang nasabah yang mengira mesin ATM-nya rusak.

Saat dimintai keterangan kedua orangtua tidak percaya dengan perbuatan yang dilakukan anaknya.

Tak jarang berita di televisi juga kerap mengabarkan kekerasan terhadap anak, orang tua, bahkan perbuatan tindak pidana lainnya membuat kita merinding.

Penurunan nilai dan moral yang ada di masyarakat ini sangat dipengaruhi kebiasaan yang dialami sejak usia anak-anak, beberapa masalah juga sering muncul dari lingkungan sekitar yang jauh dari pendidikan karakter.

Permasalahan ini sebenarnya sudah dijawab oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, dengan memasukkan pembelajaran karakter pada kurikulum 2013.

Namun hal ini tidak serta-merta mudah di terapkan di berbagai daerah terutama yang masih minim sarana dan prasarana, di Kalimantan sendiri kesempatan untuk mendapatkan pelatihan pendidikan karakter hampir cukup sulit didapatkan, hanya dibeberapa daerah saja yang mudah mendapatkan dan menerapkan kurikulum berbasis karakter ini.

Karena kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas generasi mudanya.

YABN
YABN (BANJARMASINPOST.co.id/dony usman)

Terlebih Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah usia emas, di mana pendidikan yang ditanamkan pada usia 1 – 6 tahun ini akan membekas hingga mereka dewasa.

Seorang profesor pendidikan dari Cortland University USA, Thomas Lickona mengatakan Seorang anak adalah satu-satunya sumberdaya yang dapat membentuk seorang dewasa yang bertanggung jawab.

Halaman
123
Penulis: Dony Usman
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved