Berita Banjarmasin

Setiap Hari Ada Warga Mengaku Miskin Datang ke Dinas Sosial

Setiap hari, ada saja warga Kota Banjarmasin yang mengaku miskin datang ke dinas sosial untuk diberikan bantuan sosial.

Setiap Hari Ada Warga Mengaku Miskin Datang ke Dinas Sosial
Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho
WARGA Banjarmasin mengambil beras gratis bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) di Kantor Kecamatan Banjarmasin Timur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setiap hari, ada saja warga Kota Banjarmasin yang mengaku miskin datang ke dinas sosial untuk diberikan bantuan sosial. Kadang sekali datang, warga yang mengaku miskin itu jumlahnya puluhan.

"Meski orang mampu mengaku miskin yang datang ke dinas sosial tetap kita layani dengan baik. Kita lakukan komunikasi agar warga yang mengaku miskin itu sadar untuk tidak mengambil hak orang tak mampu.

Sering kami melihat, warga mengaku miskin perhiasannya banyak sekali di tangan," kata Kepala Dina Sosial Kota Banjarmasin, Ersya Zain, Selasa (8/5/2018).

Sebelumnya Sektretaris Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Ibu Nurlina SH, Msi, juga menyatakan program keluarga harapan (PKH) jelas-jelas salah satu program pengentasan kemiskinan dari Kementrian Sosial. Namun warga yang tidak berhak masih saja ingin mendaftar sebagai peserta PKH.

Baca: Hore! 1 NIK Boleh Daftar Nomor Kartu Seluler Berkali-kali, Kemeninfo Hapus Batasan 3 Nomor

Baca: Hasil Akhir Home United vs Persija di Piala AFC 2018 - Skor 3-2, Berawal Gol Bunuh Diri Maman

"Semua orang di kantor Dinas Sosial, sering menghadapi orang-orang mampu ingin mendatar sebagai calon peserta PKH," kata Nurlina.

Warga yang datang ke dinas sosial, sambungnya, mengaku sebagai wargga sangat miskin, muka dengan make up mahal, emas melingkar di tangan dan perawatan tubuh, serta smartphone baru. Bahkan ada yang pakai mobil datang ke dinas sosial.

"Kalau itu warga miskin tak mungkin bisa punya emas, smartphone, emas di tangan hingga punya mobil," katanya.

Baca: VIDEO Cuplikan Gol Home United vs Persija yang Berakhir 3-2 di Semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2018

Menurutnya, itulah kenyataan sehari-hari yang dihadapi para petugas dinas sosial Kota Banjarmasin. Warga yang menyatakan miskin itu langsung dilakukan verifikasi ke lapangan. Para petugas dinas sosial menemukan warga yang menyatakan miskin itu ada mesin cuci dan rumahnya bagus.

"Yang mengejutkan, warga yang mengaku miskin itu punya mobil. Bahkan, ada yang keluarga PNS. Koq bisa-bisanya sih ingin mendaftar sebagai PKH," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help