Berita Balangan

Hadapi Bencana di 2018, BPBD Balangan Lakukan Ini

Kesiapan Pemerintah Kabupaten Balangan dalam menghadapi bencana di tahun 2018 ditandai dengan digelarnya apel gabungan

Hadapi Bencana di 2018, BPBD Balangan Lakukan Ini
banjarmasinpost.co.id/elhami
Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kesiapan Pemerintah Kabupaten Balangan dalam menghadapi bencana di tahun 2018 ditandai dengan digelarnya apel gabungan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018, Rabu (9/5/2018).

Selain apel yang dilaksanakan di halaman taman tugu maritam kompleks perkantoran Pemkab Balangan ini juga digelar simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap.

Apel gabungan diikuti oleh seluruh jajaran terkait seperti BPBD Balangan, Polres, TNI, relawan serta instansi terkait lainnya.

Baca: Heboh Video Kucing Diseberangkan Polisi, Lihatlah Gaya Polisi dan Kucingnya, Bikin Gemas deh

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan bersama tim gabungan tak mau kecolongan terkait penanganan bencana di Kabupaten berjuluk Bumi Sanggam.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love mengatakan, khusus di tahun 2018 ini BPBD Balangan beserta instansi terkait baik Polri, TNI, TRC, Tagana serta instansi terkait lainnya mulai memantapkan persiapan menghadapi kemungkinan bencana yang bakal terjadi ditahun ini, salah satunya melalui apel gabungan.

Baca: Foto Preweding dengan Mr X Beredar, Kartika Putri dikabarkan akan Segera Lepas Masa Lajang

Lebih lanjut disebutkannya, peta potensi kerawanan bencana di tahun ini bisa dibilang masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti bencana banjir, longsor, kebakaran, puting beliung, karhutla, dan kekeringan.

"Tapi ada satu bencana yang di tahun 2018 ini bakal diwaspadai sekali yaitu tanah longsor, diperkirakan cukup tinggi terjadi, karena ada potensi pergerakan tanah saat ini berada di Kecamatan Awayan, Tebing Tinggi dan Halong," jelasnya.

Baca: Wow! Via Vallen Tampil Beda dengan Gaya Simpel di Atas Panggung! Begini Penampakannya

Menurutnya, kenapa demikian, karena hal ini didukung dengan curah hujan yang saat ini tak menentu bahkan sering sekali hujan terjadi, oleh karenanya bencana tanah longsor ini menjadi perhatian serius, disamping itu juga bencana banjir.

Karhutla juga menjadi perhatian penuh, karena diperkirakan awal Mei ini sudah masuk kemarau dan potensi terjadinya kebakaran cukup besar juga.

Adapun daerah yang rawan terjadi Karhutla ini ada di Batumandi, Lampihong, Tebing Tinggi, Awayan, Juai dan Halong.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved