Berita Tanahbumbu

Rumah Tangga Miskin Produktif Dapat Sembako, Segini Jumlah Warga yang Beruntung

Mereka datang untuk mengambil paket sembako sebagai anggota RTM produktif. Semuanya tergabung dalam anggota Dana Amanah

Rumah Tangga Miskin Produktif Dapat Sembako, Segini Jumlah Warga yang Beruntung
man hidayat
Sebanyak 300 warga Tanahbumbu mengambil paket sembako sebagai anggota RTM produktif. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sekitar 300 warga yang ada di wilayah Kecamatan Simpangempat yang termasuk rumah tangga miskin (RTM) produktif mendatangi Kantor Kecamatan Simpangempat Kabupaten Tanahbumbu.

Mereka datang untuk mengambil paket sembako sebagai anggota RTM produktif. Semuanya tergabung dalam anggota Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Simpangempat Tanahbumbu melalui BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa).

Dimana keanggotan itu terdaftar sebagai BKAD untuk mengelola DAPM yang diketui Meli Amelia, Sekretaris Nuri Setiawan dan Bendahara Bernat Manurung. Pengurusnya sendiri berbeda-beda desa, namun tetap dalam wilayah kecamatan Simpangempat.

Selama satu tahun belakangan dikelola, akhirnya membuahkan hasil yang kini kembali disalurkan kepada masyarakat atau RTM produktif. Mereka aktif ikut dalam simpan pinjam di kelompok perempuan yang terlibat dalam ptogram dana bergulir dana amanah pemberdayaan masyarakat kecamatan Simpangempat.

Setidaknya ada sebanyak 300 paket sembako yang dibagikan. Paket itu di antaranya berisi beras, minyak goreng, gula, teh, indomie dan susu.

Menurut Sekretaris BKAD Simpangempat, Nuri Setiawan, mengatakan mereka adalah anggota dalam simpan pinjam perempuan untuk modal usaha. Sebelum menggulirkan dana, biasanya orang tersebut akan di survey lebih dulu yang tentunya persyaratannya tidak berbelit-belit.

"Dana ini sebenarnya dulu berasal dari program PNPM, namun pada akhirnya di 2013 berganti nama menjadi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) untuk dikelola masyarakat dan kembali ke masyarakat," katanya.

Paket sembako yang dibagikan merupakan hasil pengelolaan dana amanah pemberdayaan masyarakat tahun 2017. Dari hasilnya itu lah yang dibagikan kepada anggotanya.

"Jelasnya, pembagiannya 50 sebagai tambahan modal, 35 persen untuk pengperasional kelembagaan BKAD, dan 15 persen untuk RTM produktif yang sekarang dibagikan," katanya. (Man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved