Berita Banjarbaru

Sebanyak 63 Insinyur Dikukuhkan Rektor ULM, 'Prodi Satu-satunya di Kalimantan'

Ketua Program Studi Program Profesi Insinyur ULM Prof Rusdi HA mengatakan angkatan yang dikukuhkan ini merupakan angkatan pertama.

Sebanyak 63 Insinyur Dikukuhkan Rektor ULM, 'Prodi Satu-satunya di Kalimantan'
nia kurniawan
Total sebanyak 63 orang dikukuhkan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof Sutarto Hadi pada acara pengukuhan profesi insinyur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Total sebanyak 63 orang dikukuhkan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof Sutarto Hadi pada acara pengukuhan profesi insinyur.

Ketua Program Studi Program Profesi Insinyur ULM Prof Rusdi HA mengatakan angkatan yang dikukuhkan ini merupakan angkatan pertama.

"Perlu diketahui, ada 40 perguruan tinggi di Indonesia yang diberi mandat oleh Dikti untuk menyelenggarakan program studi ini , salahsatunya ULM," katanya.

Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Jadi prodi baru di Fakultas Teknik dan satu-satunya di Kalimantan. buka perdana di Kalimantan pada Tahun 2017.

Ada 40 PTN/PTS yang membuka Program Profesi Insinyur sejak Tahun 2016. Ini merupakan amanat UU No.11 Tahun 2014.

UU No 11/2014 tentang Keinsinyuran menegaskan bahwa gelar profesi di bidang keinsinyuran adalah Insinyur (“Ir”), yang dapat disandang seseorang dengan mengikuti Program Profesi Insinyur (PPI). UU ini juga menegaskan bahwa hanya mereka yang bergelar Insinyur (Ir) yang dizinkan melakukan praktek keinsinyuran.

Ijin Penyelenggaraan PS PPI yakni Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.206/KPT/I/2017 pada tanggal 27 Maret 2017 tentang pembukaan Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Lambung Mangkurat.

Menurut Peraturan Presiden RI No.8 Tahun 2012 mengenai Kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjelaskan tentang jenjang pendidikan, maka gelar Insinyur (“Ir”) yang diperoleh dari Program Profesi Insinyur ULM adalah berada pada level 7 sesudah gelar sarjana teknik (ST) atau Sarjana Teknik Terapan (STr), maupun gelar Insinyur bagi lulusan teknik sebelum tahun 1992 yang semua itu berada pada posisi jenjang pendidikan Level 6. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved