Bumi Sanggam

7 Personel Diturunkan Menata Arsip Daerah Balangan, Ini Tujuannya

Penataan arsip ini menurunkan 7 orang personel yang dipimpin oleh Nita Afrianti selaku Kasi Pengelolaan Arsip Dinamis pada D

7 Personel Diturunkan Menata Arsip Daerah Balangan, Ini Tujuannya
via BANJARMASINPOST.co.id/muhammad elhami
(Foto: Humas Pemkab Balangan) Penataan arsip daerah dinamis oleh Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, kemarin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penataan arsip daerah dinamis oleh Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, kemarin.

Penataan arsip ini menurunkan 7 orang personel yang dipimpin oleh Nita Afrianti selaku Kasi Pengelolaan Arsip Dinamis pada Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan.

Menurut Nita Farianti kegiatan pengelolaan arsip dinamis terdiri dari 2 macam yaitu adalah arsip aktif dan arsip inaktif.

Dijelaskannya, arsip aktif adalah arsip yang selalu dipergunakan dalam setiap kegiatan pemerintahan pembangunan, dan kemasyarakatan.

Sementara arsip inaktif adalah arsip yang masa berlakunya sudah lewat, namun masih belum bisa di hanguskan atau dimusnahkan.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada SKPD yang saat ini dilakukan pendampingannya yaitu adalah RSUD Balangan dan Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan yang sangat kooperatif dengan para petugas kearsipan, sehingga banyak dokumen-dokumen yang sudah diselesaikan untuk diarsipkan dengan metode kodifikasi serta serta kode klasifikasi," ujarnya.

(Foto: Humas Pemkab Balangan) Penataan arsip daerah dinamis oleh Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, kemarin.
(Foto: Humas Pemkab Balangan) Penataan arsip daerah dinamis oleh Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan dilakukan di Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, kemarin. (via BANJARMASINPOST.co.id/elhami)

Muhammad Yusuf, Arsiparis Setda Balangan, menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan yang turun langsung ke lapangan untuk melakukan pembinaan, serta di masing-masing SKPD berharap kegiatan ini terus bisa dilaksanakan pada masa masa yang akan datang, sehingga pentingnya arsip pada masing-masing SKPD betul-betul bisa dirasakan oleh para aparatur.

Sementara Nurlaili Arsiparis Dinas Kearsipan Kabupaten Balangan menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh SKPD yang lain dan bisa dijadwalkan dalam tahun anggaran 2018 serta tahun berikutnya.

"Sangat senang bisa membantu para arsiparis yang berada pada SKPD di Kabupaten Balangan, karena inilah wujud dari keberadaan SKPD Dinas Kearsipan yang bertanggung jawabn serta memberikan bimbingan kepada seluruh arsiparis yang ada di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Namun dia juga meminta kepada seluruh stakeholder agar kapasitas para arsiparis yang ada di Kabupaten Balangan bisa ditingkatkan dengan melakukan atau mengirim pada bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun swasta serta bisa melakukan studi komparatif dengan daerah-daerah yang sudah maju‬.(BANJARMASINPOST.co.id/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help