Bumi Antaluddin

Paman Birin Pimpin Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan di Padang Batung

Pertahanan Kalimantan di Lapangan Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 Divisi IV ALRI Mandapai, Kecamatan Padang Batung

Paman Birin Pimpin Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan di Padang Batung
via BANJARMASINPOST.co.id/aprianto
(Foto: Protokol dan Kehumasan) Suasana peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Kamis (10/5/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Lapangan Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 Divisi IV ALRI Mandapai, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kamis, (10/5/2018).

Mengusung tema “Kita Mantapkan Semangat NKRI Sebagai Pilar Pembangunan Bangsa”, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menjadi inspektur upacara.

Pada kegiatan ini dihadiri Plt Bupati HSS H Ardiansyah, Danlanal Banjarmasin, Letkol Laut Wijayanto, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji S, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kalsel, FKPD Kabupaten HSS, Para Pejabat Lingkup Provinsi Kalsel dan Kabupaten HSS.

Pada upacara peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ini, peserta terdiri dari Lanal Banjarmasin, Polres HSS, Kodim 1003/Kdg, Kompi-C Yonif 621/Mtg, Satpol PP, KNPI, Pramuka, Pelajar, Tagana, Persatuan Sepeda Onthel Banjarmasin, PMR, serta Mahasiswa.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengatakan Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sebuah pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia, bahwa gerilya ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel, benar-benar ada.

Divisi ini mempunyai kekuatan serta mampu menyusun suatu pemerintahan dalam wilayah Republik Indonesia. Walaupun secara de facto, saat itu Kalimantan berada di bawah penjajahan Belanda.

Peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tidak hanya menjadi momentum mengenang perjuangan pahlawan, namun harus menjadi wahana introspeksi dan perenungan untuk melanjutkan perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu.

“Setiap memperingati hari bersejarah ini, kita semua harus dapat meneladani semangat perjuangan dan kegigihan dari pendahulu kita dalam mempertahankan NKRI,” katanya.

Peneladanan tersebut diwujudkan dalam tekad dan semangat yang kuat untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas, untuk bergerak, berjuang gelorakan rakyat menjadikan Kalsel sebagai daerah yang sejahtera, berkeadilan, mandiri dan terdepan.

Perjuangan untuk negeri dan banua, menurut Gubernur tidak pernah berakhir. Selama bangsa ini masih ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap ada. Perjuangan akan terus berlanjut, meski dalam ruang, waktu dan dimensi yang berbeda.

(Foto: Protokol dan Kehumasan) Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, usai upacara peringatan Proklamasi Tentara ALRI.
(Foto: Protokol dan Kehumasan) Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, usai upacara peringatan Proklamasi Tentara ALRI. ()

Saat ini yang diperjuangkan adalah memberantas kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan. Berjuang untuk menghijaukan kembali Banua, dengan Gerakan Revolusi Hijau, berjuang memerangi narkoba, meningkatkan kesejahteraan rakyat, berjuang mewujudkan kemakmuran, serta berjuang memantapkan semangat NKRI sebagai pilar pembangunan bangsa.

Selanjutnya Gubernur Kalsel menyerahkan sembako dan tali asih kepada 24 veteran dan janda veteran secara simbolis. Dia juga menyerahkan tropi bergilir napak tilas kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah selaku panitia kegiatan.

Selanjutnya ada penanaman pohon di sekitar Monumen Divisi IV ALRI Mandapai dan dilanjutkan dengan melepas peserta Napak Tilas Peringatan HUT ke 69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. (BANJARMASINPOST.co.id/aol)

Penulis: Aprianto
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help