Berita Hulu Sungai Selatan

Ratusan Peserta Telusuri Jejak Perjuangan Tentara ALRI Divisi IV, Ini Lokasinya

Ada sebanyak 92 tim yang mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak Kamis, (10/5) hingga Minggu, (13/5).

Ratusan Peserta Telusuri Jejak Perjuangan Tentara ALRI Divisi IV, Ini Lokasinya
Humas Pemkab HSS
Suasana peserta Napak tilas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN-Ratusan peserta dari tiga Provinsi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur mengikuti kegiatan napak tilas Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Kamis, (10/5).

Ada sebanyak 92 tim yang mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak Kamis, (10/5) hingga Minggu, (13/5). Setiap tim berjumlah lima orang.

Kegiatan Napak tilas ini dimulai dari monumen proklamasi 17 Mei 1949 di Desa Batu Bini Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Para peserta Napak tilas dilepas langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor usai kegiatan upacara Proklamasi kemerdekaan gubernur Tentara ALRI divisi IV pertahanan Kalimantan di halaman Monumen proklamasi 17 Mei 1949.

Ratusan peserta Napak tilas akan menyusuri jejak-jejak perjuangan tentara ALRI divisi IV pertahanan Kalimantan di wilayah Kabupaten HSS.

Setelah dilepas oleh Gubernur, para peserta Napak tilas akan menempuh perjalanan sejauh 120 kilometer selama empat hari.

Kepala dinas Pendidikan HSS Nordiansyah yang juga selaku penanggung jawab kegiatan Napak tilas mengatakan rute yang dilalui peserta Napak tilas dari Kecamatan Padang Batung, Telaga Langsat, Loksado dan Kota Kandangan.

"Sejumlah tempat sejarah yang menjadi bukti perjuangan Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara ALRI divisi IV pertahanan Kalimantan akan dilalui," katanya.

Seperti rumah lokasi rapat yang dilakukan Brigjen Hasan Basry di Durian Rabung, Tugu Ni,ih di Desa Ni,ih Kecamatan Loksado, Monumen 17 Mei 1949 di Desa Batu Bini dan Rumah Perjuangan di Desa Karang Jawa.

Dengan adanya kegiatan Napak tilas itu, diharapkan bahwa para pemuda bisa lebih mengetahui sejarah dari Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Selain itu, para peserta juga bisa mengenang dan lebih menghargai atas perjuangan para pahlawan kita dalam usahanya meraih kemerdekaan.

"Para peserta tidak hanya menyusuri jejak perjuangan dengan jalan kaki. Namun juga ada berbagai kegiatan yang dilakukan seperti bakti sosial, lomba baca puisi perjuangan dan proklamasi, sarasehan dan perjuangan lainnya," katanya.

Sementara itu, kegiatan Napak tilas disambut positif oleh para peserta kegiatan. Mereka begitu antusias mengikuti kegiatan sejak awal pelepasan dan berusaha akan menyelesaikan rutenya selama empat hari.

"Kita sudah ada melakukan persiapan dengan latihan fisik. Sebab, jalur yang ditempuh cukup jauh dengan berjalan kaki. Semoga bisa menyelesaikan rutenya dengan lancar," kata Ari.

Dia mengaku mengikuti kegiatan Napak tilas untuk lebih mengetahui sejarah dan bersama dengan empat rekannya akan berusaha menyelesaikan rutenya yang telah ditentukan oleh pihak panitia (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help