Rusuh di Mako Brimob

4 Terduga Teroris Coba Tembus Mako Brimob, 1 Tewas Ditembak, Polri: Mereka Anggota JAD

Menurut Polri, 4 terduga teroris itu anggota Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung, Jawa Barat.

4 Terduga Teroris Coba Tembus Mako Brimob, 1 Tewas Ditembak, Polri: Mereka Anggota JAD
(Istimewa)
Napi Teroris di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua menyerah, Kamis (10/5/2018) Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wajah Napi Teroris yang Injak Kepala Polisi Korban Kerusuhan Rutan Salemba Mako Brimob, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/10/wajah-napi-teroris-yang-injak-kepala-polisi-korban-kerusuhan-rutan-salemba-mako-brimob?page=all. Penulis: suut amdani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Empat terduga teroris mencoba menembus masuk Mako Brimob, saat terjadi rusuh di Rutan Brimob, Kamis (10/5/2018) dini hari. Menurut Polri, 4 terduga teroris itu anggota Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung, Jawa Barat.

Terungkap dari hasil penyelidikan sementara kepolisian, keempat orang berinisial AM, HG, RA dan JG ini ditangkap pada Kamis (10/5/2018) sekitar pukul 01.35 WIB di Jalan Stasiun Tambun, Mekarsari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan, empat terduga teroris yang mencoba menuju Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok untuk membantu aksi kerusuhan berasal dari jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD). 

Baca: Terungkap, ada 4 Terduga Teroris Coba Menerobos Mako Brimob Coba Bantu Rekan di dalam Rutan

"Dari hasil pemeriksaan sementara, bahwa keempat terduga teroris merupakan jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung, Jawa Barat yang akan bergerak ke Jakarta, khususnya ke Mako Brimob," kata Setyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Polri menduga mereka akan ikut membantu narapidana pada saat insiden kerusuhan di Rutan Salemba, Cabang Mako Brimob Kelapa Dua.

Dalam operasi penangkapan itu, RA tewas setelah ditembak polisi. Penembakan terpaksa dilakukan polisi lantaran RA mencoba melawan. RA tewas usai 2 jam dirawat.

Polisi pun menembak JG yang juga ikut melawan. JG saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Polri.

Menurut Setyo, RA dan JG melawan dengan berusaha mencekik polisi yang mengawalnya. Mereka juga berupaya merebut senjata. Sedangkan AM dan HG selamat.

Baca: Ditokohkan Napi Teroris Mako Brimob, Aman Abdurrahman Tetap Dituntut Jaksa Hari Ini

"Polisi mengamankan yang selamat untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut dan mengamankan barang bukti yang sudah ada," kata dia.

Polri mengamankan satu sangkur, satu belati, 25 butir peluru kaliber 9 milimeter, 25 paku tembak, dua ketapel, 3 busur besi, 69 peluru gotri, dua buah golok dan 48 butir peluru senapan angin.

Menurut Setyo, penangkapan berawalan dari informasi intelijen yang menyatakan ada sekolompok orang yang menuju Mako Brimob Kelapa Dua untuk membantu narapidana terorisme tengah bertindak rusuh dan menyandera polisi di Mako Brimob.

Usai mendapatkan informasi tersebut, kepolisian mulai bergerak dan menangkap keempat orang itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri: 4 Terduga Teroris yang Coba Tembus Mako Brimob adalah Anggota JAD"  

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help