Ekonomi dan Bisnis

Incar Kalangan Muda, Obligasi Ritel SBR 003 Bisa Investasi Modal Rp 1 Juta

irektur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, penjualan Savings Bond Ritel (SBR)

Incar Kalangan Muda, Obligasi Ritel SBR 003 Bisa Investasi Modal Rp 1 Juta
Kontan/Cheppy A.Muchlis
ILUSTRASI. Iklan obligasi negara Saving Bond Ritel atau SBR002 dipajang di agen penjual SBR Bank Mandiri 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sasar investor dari kalangan generasi muda, Kemekeu meluncurkan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR 003 dengan batas minimal pembelian Rp 1 juta.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, penjualan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR003 akan mengincar investor baru dari generasi muda.

"Yang kami sasar adalah generasi muda atau millenial yang sudah bekerja dan mempunyai income serta ingin mempunyai instrumen investasi," kata Luky dalam pemaparan di Jakarta, Jumat (11/5/2018), seperti dikutip Antaranews.

Luky mengatakan, selama ini pembeli SBR kebanyakan berasal dari usia di atas 40 tahun yang identik dengan investor "high profile" dan memiliki kelebihan dana untuk berinvestasi.

Untuk itu, pemerintah menerbitkan SBR003 untuk memperluas basis investor bagi penduduk usia di bawah 40 tahun yang selama ini bersinggungan erat dengan penggunaan teknologi informasi.

Baca: Susunan Pemain Borneo FC vs Persebaya di Pekan 8 Liga 1 2018 - Teror Tim Kalimantan

"Kami ingin menarik generasi muda untuk membangun negeri karena ini bukan sekadar investasi tapi juga untuk menunjang pembiayaan pendidikan maupun infrastruktur," katanya.

Untuk mempermudah pembelian SBR003 ini, pemerintah akan menjual instrumen investasi ini secara online (e-SBN), agar lebih praktis. Selain itu, batas minimum pembelian juga turun menjadi Rp 1 juta. "Kami lakukan untuk menangkap market di ekonomi digital dan memanfaatkan bonus demografi," ungkap Luky. Savings Bond Ritel (www.kemenkeu.go.id)

Dari penjualan SBR003, pemerintah mengharapkan bisa meraih dana Rp1 triliun untuk mendukung pembiayaan dengan kemungkinan meningkat hingga Rp5 triliun apabila terdapat kelebihan permintaan.

Penawaran SBR003 dibuka pada 14-25 Mei 2018 dengan minimum pemesanan senilai Rp 1 juta dan maksimum pemesanan Rp 3 miliar.

Baca: Jadwal Siaran Langsung & Live Streaming Mitra Kukar vs Bali United Pekan 8 Liga 1 2018

Kupon 6,8 persen Obligasi ritel ini mempunyai jenis kupon mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) yang sesuai dengan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate.

Untuk periode tiga bulan pertama pada 31 Mei hingga 20 Agustus 2018, tingkat kupon ditetapkan sebesar 6,8 persen. Yaitu, besaran suku bunga acuan 4,25 persen ditambah spread tetap 255 basis poin atau 2,55 persen.

Tingkat kupon 6,8 persen akan berlaku sebagai tingkat kupon minimal dan tingkat kupon ini tidak akan berubah sampai dengan jatuh tempo.

Tingkat kupon berikutnya akan disesuaikan, yang akan didasarkan pada suku bunga acuan ditambah spread tetap 255 basis poin atau 2,55 persen, setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo.

(Penulis : Palupi Annisa Auliani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anak Muda Mau Investasi Modal Rp 1 Juta, Bisa ke Obligasi Ritel SBR003"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help