Berita Regional

Ketua DPD ASPPI Kaltim Terpilih Tawarkan Biaya Wisata Pulau Derawan Lebih Murah Hanya Rp 1,8 Juta

Ketua DPD ASPPI Kaltim terpilih Titin Emboen mengaku optimistis tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan baik.

Ketua DPD ASPPI Kaltim Terpilih Tawarkan Biaya Wisata Pulau Derawan Lebih Murah Hanya Rp 1,8 Juta
tribunkaltim.co/geafry necolsen
Kepulauan Derawan, termasuk di dalamnya Pulau Maratua masuk dalam kategori lokasi wisata popular versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA -Terobosa baru paket wisata Pulau Derawan dengan biaya yang jauh lebih murah dengan konsep  baru ditawarkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ASPPI Kaltim periode 2018 - 2022 yang baru saja terbentuk dalam Musyawarah Daerah (Musda) I DPD ASPPI Kaltim di Hotel Grand Kartika, Jalan Khalid, Samarinda, Jumat (11/5/2018).

Menggaungkan wisata pulau Derawan dan sekitarnya ke seluruh Indonesia menjadi tugas pertama yang diberikan Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Pusat kepada DPD ASPPI Kaltim periode 2018 - 2022.

Disebutkan dalam Musda, sulitnya akses menuju Pulau Derawan menjadi salah satu penyebab wisatawan enggan datang ke objek wisata yang terkenal dengan taman bawah lautnya tersebut, dan lebih memilih untuk mengunjungi daerah lain.

Sulitnya akses ini juga menyebabkan wisata ke Pulau Derawan menjadi berbiaya tinggi. Padahal dari sisi potensi,  Pulau Derawan masih tak kalah dengan wisata serupa dengan yang ada di daerah lain, termasuk dengan Raja Ampat di Papua Barat.

Baca: Wow, Agnes MO Kebanjiran Tawaran Rekaman di Amerika Serikat, Pilih Gabung Label Ini

Ketua DPD ASPPI Kaltim terpilih Titin Emboen mengaku optimistis tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan baik.

Apa saja kendala yang ada di lapangan, menurutnya sudah teridentifikasi dengan baik.
Masalah pertama, tidak ada penerbangan langsung ke Kabupaten Berau dan harus transit di Balikpapan. 

DPD ASPPI Kaltim, kata dia, sudah memiliki ide untuk menawarkan agar sebagian perjalanan ditempuh melalui jalur darat dengan rute yang selama ini belum akrab di telinga masyarakat luas.

Di sepanjang rute darat ini, juga ada sejumlah objek wisata yang tak kalah menarik, yang selama ini juga belum dikenal masyarakat. 

Untuk pengunjung yang memilih memulai perjalanan dari Bandara Kalimarau, pihaknya juga sudah memiliki ide menarik. Perjalanan darat dari bandara Kalimarau hingga ke Pulau Maratua yang biasanya ditempuh dalam waktu 2 jam akan dirubah. 

Baca: Jelang MotoGP Le Mans Prancis 2018 - Marc Marquez Tercepat di Sesi Latihan Tak Resmi

Titin menuturkan, ASPPI memiliki rute baru yang mengombinasikan perjalanan darat dengan perjalanan sungai, dengan waktu tempuh yang hampir sama, yakni sekitar 2 jam perjalanan. Dengan rute baru ini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan sungai.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved