Berita Hulu Sungai Selatan

Warung Mama Heni, Warung Mama Aisyah, 2 Warung dari Banyak Warung Perpustakaan di HSS

Warung perpustakaan disejumlah desa didirikan sebagai terobosan agar masyarakat disekitar warung termotivasi untuk membaca.

Warung Mama Heni, Warung Mama Aisyah, 2 Warung dari Banyak Warung Perpustakaan di HSS
Istimewa
Suasana Warung perpustakaan dari Dinas Perpustakaan HSS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus melakukan terobosan untuk meningkatkan minta baca di Bumi Antaluddin.

Warung perpustakaan disejumlah desa didirikan sebagai terobosan agar masyarakat disekitar warung termotivasi untuk membaca.

Ada 16 warung perpustakaan yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada di HSS. Ada warung perpustakaan 'Mama Tatam' yang berada di Desa Hamak Timur Kecamatan Telaga Langsat.

Warung 'Atna Masimpan' Kecamatan Telaga langsat, 'Warung Mama Heni', Warung 'Mama Aisyah', Warung 'Simpang Tiga' di Desa Malutu, Warung Desa Mawangi, Warung Desa Loktampang Kecamatan Padang Batung.

Selanjutnya ada 'Warung Bani' di Jambu Hilir Kecamatan Kandangan, Warung 'Teluk Pinang', Warung 'Fauzi' Kecamatan Sungai Raya, Warung 'Pakumpayan' dan Warung 'Jamal' Desa Tawia Kecamatan Angkinang.

Warung 'Loksado' Kecamatan Loksado, Warung 'Tebing Tinggi' Kecamatan Simpur, Warung 'Kalumpang' Kecamatan Kalumpang dan Warung 'Bumdes' Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara.

Kepala Desa Hamak Timur Sarpanie mengatakan adanya warung perpustakaan yang ada di desanya diharapkannya bisa menjadi wahana dan wadah warga untuk membaca.

"Semoga adanya warung perpustakaan bisa memberi pelajaran dan pencerahan kepada masyarakat Desa Hamak Timur," katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah HSS Tajiddinnoor mengatakan warung perpustakaan secara resmi sudah bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

"Warung perpustakaan berbasis kultural masyarakat. Warung yang ada di Desa Hamak Timur merupakan yang pertama di Kabupaten HSS," katanya, Jumat, (11/5).

Inovasi dan terobosan warung perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat sesuai kultural masyarakat.

"Adanya warung perpustakaan diharapkan meningkatkan minat baca dan menjadi budaya masyarakat HSS sehingga warga mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas dan bermanfaat," lanjutnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih bisa bekerjasama dengan warung-warung yang memberikan ruang untuk lokasi parkir mobil taman bacaan masyarakat.

“Jangan ragu untuk membaca karena buku membuka wawasan cakrawala", tambahnya (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help