Otomotif

Wuling Bisa Jual Mobil Lebih Murah dari MVP Sejenis, Ternyata Ini Rahasianya

Mobil-mobil merek Wuling yang beredar di Indonesia memiliki banderol harga yang relatif murah. Penyebabnya karena fleksibilitas produksi.

Wuling Bisa Jual Mobil Lebih Murah dari MVP Sejenis, Ternyata Ini Rahasianya
kompas.com
Wuling Hongguang yang akan dijual di Indonesia tahun depan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, CIKARANG - Semua mobil merek Wuling yang beredar di Indonesia memiliki banderol harga yang relatif murah dibanding MVP sekelasnya. Penyebabnya karena mereka melakukan fleksibilitas produksi.

Senior Director Manufacturing PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) Motor Indonesia Arif Pramadana menjelaskan, pihaknya menempatkan produksi seluruh produknya di satu lokasi yang sama. Sehingga jika ada perubahan permintaan, produksi bisa dilakukan dengan cepat.

"Jadi dalam memproduksi mobil kami lebih fleksibel. Bisa dicampur antara Confero dan Cortez, atau langsung ganti ke Confero saja. Tergantung permintaan," kata Arif di Cikarang, Bekasi, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, Wuling juga menyediakan lahan untuk para mitra supplier yang masih berada di area pabrik. Dari 60 hektar lahan pabrik Wuling yang ada di Cikarang, 30 hektar diantaranya diperuntukan untuk tempat produksi para supplier.

Baca: Zaskia Sungkar Aku Merinding di Demo 11 Mei, Aksi Bela Baitul Maqdis Palestine Kamu Tidak Sendiri

Supplier park yang berada di area pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Supplier park yang berada di area pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.(Wuling Motors Indonesia) Tercatat ada 15 supplier Wuling yang melakukan produksi di area yang sama. Mereka lah yang memproduksi berbagai komponen pendukung, seperti jok, dasbor, spion, lampu hingga AC.

"Ini strategi lokalisasi, di mana Wuling membawa 15 pemasok komponen untuk ditempatkan di supplier park yang juga berlokasi di area pabrik," ucap Arif.

Bukti murahnya harga mobil Wuling dapat terlihat dari banderol Confero S. Seluruh varian low MPV ini dibanderol dari mulai kisaran harga Rp 130 juta hingga Rp 167 juta.

Baca: Jelang Laga Barito Putera vs PSIS Semarang, Rizki Pora Belajar dari Kekalahan Lawan PSMS Medan

Bertarung di segmen dengan pangsa pasar terbesar di tanah air, varian termahal Confero diketahui masih lebih murah dibanding jejeran varian termurah para pesaing.

(PenulisAlsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rahasia Wuling Bisa Jual Mobil Lebih Murah"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved