Berita Hulu Sungai Utara

Perpustakaan Tak Hanya untuk Ruang Baca, Tapi Juga Digunakan untuk Ini

Perpustakaan Cahaya Ilmu sebelumnya telah menoreh prestasi dengan memperoleh juara 2 pada perlombaan perpustakaan

Perpustakaan Tak Hanya untuk Ruang Baca, Tapi Juga Digunakan untuk Ini
reni kurnia wati
Perpustakaan Desa Galagah Kecamatan Sungai Tabukan terpilih mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam lomba perpustakaan tingkat provinsi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Perpustakaan Desa Galagah Kecamatan Sungai Tabukan terpilih mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam lomba perpustakaan tingkat provinsi.

Perpustakaan Cahaya Ilmu sebelumnya telah menoreh prestasi dengan memperoleh juara 2 pada perlombaan perpustakaan tingkat privinsi tahun 2017. Kepala Desa Galagah Fakhrurrazi mengatakan selama ini pihaknya terus melengkapi fasilitas yang ada di perpustakaan.

"Selain untuk membaca buku, perpustakaan cahaya ilmu biasanya juga digunakan warga untuk latihan keterampilan," ungkapnya.

Baca: Hasil Barito Putera vs PSIS Semarang : Skor Babak Pertama 1-0, Gol Cepat Samsul

Tim penilai dari provinsi juga telah datang untuk melakukan penilaian, kedatangan Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan disambut antusias oleh puluhan anak-anak PAUD Desa Galagah.

Baca: Live Indosiar! Link Live Streaming Persib Bandung vs Persipura Jayapura via Streaming Vidio.com

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU Hj. Lailatannor Raudhah juga hadir dalam penilaian itu.

"Meski masih banyak memiliki kekurangan, tetapi kami berharap tahun 2018 ini Perpustakaan ‘Cahaya Ilmu’ Desa Galagah dapat meraih juara pertama," ujarnya.

Baca: NEWSVIDEO : Perayaan Pesona Budaya Desa Warukin, Lingkungan Balai Ada Maanyan Berubah Warna-warni

Sebelumnya, ia juga menyampaikan bahwa perpustakaan desa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Galagah dan sekitarnya, tidak hanya untuk meminjam atau membaca buku, namun dapat juga dijadikan sebagai tempat kegiatan lainnya seperti tempat kegiatan keterampilan dan pelatihan lainnya.

Lailatannor menambahkan Perpustakaan Desa Galagah mendapat banyak dukungan dari pwmwrintah daerah twrmasuk untuk memenuhi ketersediaan buku, terutama dari Pemerintah Provinsi Kalsel yang memberikan masukan bagaimana arah pengelolaan yang baik untuk perpustakaan desa.

“Ditambah lagi dengan adanya MoU antara perpustakaan Nasional dengan Kementerian Desa yang berdampak besar terhadap kemajuan Perpustakaan Desa," kata Laila.

Laila juga berharap dari prestasi yang didapat oleh Perpustakaan Desa Galagah tahun 2017 sebelumnya yang telah meraih juara kedua, pada tahun ini dapat ditingkatkan menjadi juara pertama.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Provinsi Kalsel Hj. Arbayah menuturkan, dilihat dari perkembangannya perpustakaan Desa Galagah mengalami peningkatan dan kelebihan, diantara lokasinya yang berada di lingkungan PAUD yang berada di lantai 2 bangunan PAUD dengan suasana yang sejuk, penerangan yang baik, serta berdampingan pula dengan kantor Kepala Desa.

"Meski semua laporan lengkap, tetapi ada beberapa dokumen yang belum sempat ditampilkan, sehingga semua itu harus ditampilkan lagi," pesannya.

Arbayah menambahkan, Perpustakaan Desa di Kabupaten HSU hendaknya terus mengalami peningkatan dengan menerapkan berbagai saran dan masukan yang diberikan, karena untuk Perpustakaan Desa di Kabupaten lain yang juga termasuk penilaian terbilang cukup baik. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help