Murid dan Guru di SMP Banjarmasin Ini Tiap Pagi Tadarusan Sebelum Belajar

“Supaya nanti kami terbiasa membaca Alquran dan menerapkannya dalam keseharian kehidupan,” tandas murid kelas VIII ini.

Murid dan Guru di SMP Banjarmasin Ini Tiap Pagi Tadarusan Sebelum Belajar
istimewa
Murid dan guru SMPN 19 Banjarmasin khusyuk melakukan kegiatan tadarus sebelum pelajaran dimulai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebelum pelajaran dimulai, seluruh murid SMPN 19 Banjarmasin membaca ayat suci Alquran. Aktivitas rutin ini mereka lakukan di depan kelasnya masing-masing selama sekitar 10 menit .

Para murid tersebut khusyuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Mereka dibimbing oleh guru agama dan diawasi kepala sekolah dan guru lainnya.

Ketua OSIS SMPN 19 Banjarmasin, Muhammad Aldi Maulana, mengatakan tadarusan tersebut dilakukan tiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

“Tadarusan itu sangat bermanfaat bagi kami, karena di rumah belum tentu kami sempat mengaji,” ucapnya, Minggu (13/05/2018).

Dikatakannya, pewajiban batadarusan (membaca Alquran) di sekolah sebelum pelajaran tersebut secara nyata menguatkan keimanan murid dan selalu ingat dengan Alquran.

“Supaya nanti kami terbiasa membaca Alquran dan menerapkannya dalam keseharian kehidupan,” tandas murid kelas VIII ini.

Senada diungkapkan murid lainnya, Hamdah. "Tiap kali saya masuk ke lingkungan sekolah, suaananya lebih adem dan tenang, karena tiap hari kami mengaji," timpal murid kelas VIII ini.

Pembimbing tadarusan, Syamsuddin, menuturkan dirinya sangat senang dan bersyukur oleh adanya kegiatan religius tersebut.

"Saya menyadari sebelum berangkat ke sekolah melaksanakn tugas, belum tentu di rumah mengaji. Tapi di sekolah bisa tadarusan bersama guru-guru dan murid," ucapnya.

Kepala SMPN 19 Banjarmasin Hj Mirna Hartatilani mengatakan selain kegiatan tadarus Alquran, pihaknya juga membiasakann murid gemar membaca dengan melaksanakan literasasi di sekolah.

Ia juga ingin mengembangkan bakat muridnya sesuai kemampuannya masing-masing. "Saya bangga. Meski belum lama menjabat di sini , tapi saya melihat bakat dan potensi yang dimiliki anak-anak cukup luar biasa," katanya.

Selengkapnya simak di koran Banjarmasin Post edisi, Senin (14/05/2018).

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved