Berita Balangan

Yuliadi Berharap Ada Pelatihan Lagi Terkait Penggunaan Aplikasi Siskeudes

Perlahan namun pasti, pemerintahan tingkat desa di Kabupaten Balangan terus ditingkatkan, salah satu peningkatan tersebut

Yuliadi Berharap Ada Pelatihan Lagi Terkait Penggunaan Aplikasi Siskeudes
istimewa
seluruh kades se Balangan saat mengikuti kegiatan Dialog dan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan dengan Aplikasi Siskeudes di Aula Benteng Tundakan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Perlahan namun pasti, pemerintahan tingkat desa di Kabupaten Balangan terus ditingkatkan, salah satu peningkatan tersebut adalah kini seluruh desa di Bumi Sanggam telah menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Untuk terus mematangkan penggunaan Aplikasi Siskeudes ini, kemarin digelar Dialog dan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan dengan Aplikasi Siskeudes di Aula Benteng Tundakan yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa se Balangan.

Dalam kesempatan tersebut para Kades mendapatkan pencerahan langsung dari pihak Anggota DPRD RI Komisi XI Saiful Rasyid, BPKP RI BPK Perwakilan Banjarmasin, dan Polda Kalimantan Selatan.

Baca: Ledakan Bom 3 Gereja di Surabaya, Kapolda Jatim Sebut Berkaitan dengan Bom di Mako Brimob

Mewakili seluruh Kades, Ketua Forum Komunikasi Persatuan Kepala Desa se Kabupaten Balangan, Yuliadi mengatakan, seluruh desa memang sudah menggunakan Aplikasi Siskeudes ini.

Namun lebih lanjut menurutnya, selama menggunakan aplikasi ini ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh desa, diantaranya adalah memasukkan kode rekening.

"Maksud kode rekening ini adalah memasukkan usulan sesuai dengan bidang, terkadang ada yang bingung, jika usulan tidak pas dengan kodenya bisa ditolak," ungkapnya.

Baca: Saksi Mata Ledakan Bom Surabaya: Pelaku Bom Tiga Perempuan Bawa Tas dan Ransel, Dua Bercadar

Selain itu ada juga beberapa desa yang aparatnya masih belum menguasasi aplikasi ini, sehingga diharapkan kedepan setiap desa mempunyai perangkat yang menguasai Aplikasi Siskeudes.

"Kami mengharapkan ada pelatihan lebih lanjut, bagi desa-desa yang masih belum begitu memahami, agar seluruh desa di Balangan mudah dalam menggunakan aplikasi ini," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (13/5/2018) mengatakan, seluruh desa sudah menggunakan Aplikasi Siskeudes sejak tahun 2017.

Baca: Dapat SMS Manja Ajakan Telepon Bertarif, Tak Menelpon Saja Bisa Bikin Panas Rumah Tangga

Hal ini dapat dilihat dari kompilasi laporan keuangan seluruh desa sudah menggunakan Aplikasi Siskeudes, meski demikian diakuinya masih ada beberapa desa yang masih belum maksimal.

"Oleh karenanya kedepan Insya Allah akan ada lagi pelatihan, soalnya ada masih beberapa desa yang perlu adanya pelatihan," ujarnya.

Selain itu ia juga mengharapkan kepada Kades agar tidak menggonta-ganti aparat desa yang sudah memahami Aplikasi Siskeudes.

"Bagi desa yang berganti Kadesnya diharapkan aparat desa yang sudah memahami aplikasi ini jangan diganti, karena jika diganti harus dilatih mulai awal lagi," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help