Ekonomi dan Bisnis

Begini Bocoran Tips Sukses Terjun di Dunia Kerja ala Pertamina Goes to Campus 2018

Matangkan pengetahuan dan mental para mahasiswa peserta Pertamina Goes to Campus 2018 di Banjarmasin hadapi dunia karier

Begini Bocoran Tips Sukses Terjun di Dunia Kerja ala Pertamina Goes to Campus 2018
banjarmasinpost.co.id/acm
Suasana talkshow persiapan karir Pertamina Goes to Campus 2018 di Gedung Serbaguna ULM, Senin (14/5/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Matangkan pengetahuan dan mental para mahasiswa peserta Pertamina Goes to Campus 2018 di Banjarmasin hadapi dunia karier, Pertamina hadirkan narasumber Officer Human Capital Business Partner Pertamina MOR IV, Rizky Nugraha sebagai pembicara.

Berbagai pembahasan teknis habis dikupas pada sesi talkshow gelaran hari pertama Pertamina Goes to Campus di Banjarmasin yang digelar di Gedung Serbaguna Guna Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Senin (14/5/2018).

Dijelaskan Rizky di depan sekitar 500 peserta yang hadir, dua poin krusial dalam menghadapi seleksi kerja dalah curriculum vitae (CV) dan interview.

Baca: Umat Islam Jepang Bakal Berpuasa 16 Jam Bulan Ramadhan 2018, ini Jadwal Berbuka untuk Wilayah Tokyo

Keduanya merupakan tahapan yang dapat tunjukkan perbedaan dan kelebihan agar seorang kandidat miliki penilaian lebih dibanding yang lainnya.

Melalui desain yang menarik, tak monoton dan konten yang informatif merupakan syarat utama membuat CV.

"Jangan lagi membuat CV yang datar dan membosankan karena tidak akan menarik. Tunjukkan kreatifitas pada format CV dan sesuaikan desain dan kreasi CV dengan perusahaan pemberi kerja," kata Rizky.

Berpengalaman dan sudah banyak melakukan interview pada calon pekerja di Pertamina, Rizky juga bocorkan tips-tips efektif agar interview sukses.

Baca: Istri Korban Bom Gereja Surabaya Tuliskan Status Untuk Dua Balitanya, Jika Ditanya Mana Papamu

"Kuncinya bagaimana kita bisa berikan impresi positif kepada interviewer," kata Rizky.

Beberapa cara jitu adalah dengan pertahankan kontak mata, berpakaian rapi dan formal serta perhatikan komunikasi non verbal termasuk tingkah laku selama proses interview.

Tak ketinggalan, faktor semangat dan minat seorang calon pekerja terhadap perusahaan yang dilamarnya juga menjadi syarat wajib untuk perbesar peluang diterima bekerja.

Baca: Ini Pesan Damai dan Doa Ustad KH Muhammad Arifin Ilham Serta Penjelasan Tentang Syarat Jihad

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help