Berita Hulu Sungai Utara

BUMDes Sewakan Kolam Ikan ke Petani Ikan, Ini Harga Sewanya Perbulan

kolam yang dimiliki desa berjumlah tiga petak dengan ukuran 40×12 meter per petaknya

BUMDes Sewakan Kolam Ikan ke Petani Ikan, Ini Harga Sewanya Perbulan
reni kurnia wati
Kolam ikan dengan ukuran 40×12 meter ini disewakan ke petani ikan Rp 2 juta setahun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading, Hulu Sungai Utara memiliki pendapatan asli desa yang hasilnya dapat membantu warga. Yaitu dengan memanfaatkan lahan desa dengan dibuat kolam ikan dan disewakan kepada petani ikan.

Kepala Desa Palimbangan Sabirin mengatakan kolam yang dimiliki desa berjumlah tiga petak dengan ukuran 40×12 meter per petaknya. Petani ikan menyewa pertahun Rp 2 juta dan angka ini sudah tergolong lebih rendah dibanding penyewaan kolam ikan biasanya.

Pendapatan desa bisa digunakan desa sesuai dengan kebutuhan, Desa Palimbangan pernah menggunakan dana tersebut untuk memperbaiki rumah warga yang sangat miskin dan memberikan bantuan kepada siswa yang putus sekolah untuk tetap dapat melanjutka. Sekolah.

Baca: Jadwal Pengumuman Awal Puasa Ramadhan 2018, Insya Allah Bersamaan, Kamis 17 Mei 2018

"Dalam satu tahun petani ikan bisa panen hingga dua kali, mereka memelihara ikan patin, dan biaya penyewaan dibayarkan usai panen sehingga tidak memberatkan petani ikan," ungkapnya.

Baca: Awal Puasa Ramadhan 2018 Diprediksi Rabu 16 Mei 2018 untuk Muslim di Amerika Serikat

BUMDes kolam ikan mulai dibangun pada tahun 2015 dan diharapkan bisa terus berkembang. Pembuatan kolam ikan ini menjadi program yang dapat dicontoh oleh desa lain yang miliki tanah desa cukup luas.

Sabirin menambahkan denga kesuksesanbyang didapat oleh petani ikan diharapkan juga dapat menjadi inspirasi bagi warga lain untuk bisa menjadi petani ikan. Lahan rawa yang cukup luas bisa dimanfaatkan menjadi lebib bernilai ekonomis.

Baca: Sebentar Lagi Ramadhan 2018, Hilal Ternyata Ada yang Palsu dan Asli, Begini Cara Mengenalinya

"Kami menekankan kepada warga untum berani membuka usaha, jangan takut rugi dan menjalaninya dengan serius agar memperoleh keuntungan dan terus berkembang," ungkapnya.

Cukup banyaknya petani ikan juga mendaat perhatkan dari Dinas Perikanan, Desa Palimbangan mendapatkan bantuan mesin pembuatan pakan ikan. Dengan menggunakan bahan dedak dan ikan kering serta tambahan vitamin maka para petani bisa membuat pakan sendiri.

"Lebih hemat jika membuat pakan sendiri, sehingga keuntungan lebib besar," ungkapnya.

Terpisah Camat Haur Gading Syarif mengatakan keahlian masyarakat terus didukung oleh desa melalui dana desa. Dengan pengembangan baik dibidang kerajinan ataupun perikanan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga.

"Desa diharapkan secara membantu meningkatkan usaha warga, yang juga didukung oleh kecamatan dan kabupaten," ungkapnya. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help