Berita Hulu Sungai Utara

Gunakan Media Kesenian Kuntau Sampaikan Informasi Seputar Kemajuan HSU

Dan kali ini penyampaian informasi dilakukan dengan menggandeng kelompok kesenian daerah.

Gunakan Media Kesenian Kuntau Sampaikan Informasi Seputar Kemajuan HSU
reni kurnia wati
Kelompok Kuntau Tradisional di Desa Gelagah Kecamatan Sungai Pandan, HSU. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya agar informasi mengenai pembangunan dan kondisi kabupaten bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Dan kali ini penyampaian informasi dilakukan dengan menggandeng kelompok kesenian daerah. Program ini merupakan arahan dari pemerintah pusat. Dan di Kabupaten HSU dilaksanakan dengan dengan rencana pembentukan Forum Kemitraan Media Tradisional (FK Mitra).

Untuk pembentukan FK Mitra Diskominfo HSU mengundang kelompok Kuntau Tradisional di Desa Gelagah Kecamatan Sungai Pandan, dalam kesempatan itu disampaikan sosialisasi mengenai teknik penyampaian informasi kepada masyarakat.

Baca: Besok Selasa 15 Mei Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa 2018, Muhammadiyah Sudah Pasti 17 Mei 2018

Plt Kepala Diskominfo HSU Haridi mengatakan penyampaian informasi melalui kelompok masyarakat bisa menjadj cara yang efektif agar pesan atau program penerintah bisa sampai ke masyarakat.

Baca: Awal Puasa Ramadhan 2018 Diprediksi Rabu 16 Mei 2018 untuk Muslim di Amerika Serikat

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut beberapa kelompok kuntau juga menampilkan teknik kuntau, setidaknya ada tujuh kelompok kuntau yang diikuti oleh empat hingga tujuh anggota disetiap kelompoknya.

Baca: Sebentar Lagi Ramadhan 2018, Hilal Ternyata Ada yang Palsu dan Asli, Begini Cara Mengenalinya

Kedepan FK Mitra juga akan disosialisasikan dan dibentuk pada kesenian lain yang berada di masyarakat seperti hadrah. Saat kepengurusan telah dibentuk bakal diadakan pementasan seni secara berkala.

Dan dalam setiap penampilan akan disampikan program daerahvyang tengah digalakkan. Seperti imbauan anti hoaax, pemberantasan narkoba ataupun program bebas sampah dan kawasan bebas asap rokok.

"Kami berharap bisa bekerjasama dengan menyampaikan pesan, imbauan atau informasi kepada masyarakat di sela sela pertunjukan, informasi yang disampaiakan langsung pada warga yang tengah berkumpul akan sangat efektif," ungkapnya.

Selain itu program ini juga mewadani kelompok kesenian daerah untuk rerus berkembang dan melestarikan budaya daerah.

Marzuki salah satu perwakilan kelomook kuntau mengaku sangat mendukung dengan profram pemerintah yang dilaksanakan. " Kami akan mendukung terlebih untuk kebaikan dan kemajuan daerah," ungkapnya. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help