Berita Hulu Sungai Selatan

Kodim 1003 Kandangan Dukung Peningkatkan Pertanian di HSS, Begini Aksi Nyatanya

Kegiatan kerjasama dan dukungan di bidang pertanian sudah dilakukan oleh Kodim 1003 Kandangan.

Kodim 1003 Kandangan Dukung Peningkatkan Pertanian di HSS, Begini Aksi Nyatanya
Istimewa
Suasana kegiatan Kodim 1003/Kandangan dibidang pertanian. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Komando Distrik Militer (Kodim) 1003 Kandangan terus meningkatkan kerjasama dan dukungan peningkatan bidang pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kegiatan kerjasama dan dukungan di bidang pertanian sudah dilakukan oleh Kodim 1003 Kandangan.

Seperti pada Minggu, (13/5) di Desa Sakijang Kecamatan Sungai Raya, Kodim 1003 Kandangan bekerja sama dengan kelompok petani dan peternak mengadakan kegiatan sosialisasi pakan ternak.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 70 orang peternak ayam dan sapi se wilayah HSS. Sehari sebelumnya, pada Sabtu, (12/5) di Desa Sakijang Kecamatan Sungai Raya juga dilakukan kegiatan percepatan pelaksanaan program Upaya khusus (Upsus).

Baca: Besok Selasa 15 Mei Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa 2018, Muhammadiyah Sudah Pasti 17 Mei 2018

Baca: Ngeri, Begini Cara Keluarga Dita Buat Anaknya Jadi Pelaku Bom Gereja, Ini Status Terakhirnya

Baca: Awal Puasa Ramadhan 2018 Diprediksi Rabu 16 Mei 2018 untuk Muslim di Amerika Serikat

Kegiatan ini bekerja sama denga kelompok tani dengan agenda sosialisasi pembuatan pupuk organik yang dihadiri sekitar 100 orang perwakilan ketua kelompok tani se Kabupaten HSS.

Kodim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto mengatakan bahwa Komitmen TNI AD sangat mendukung program ketahanan pangan.

Seperti pendampingan upaya khusus Upsus dalam rangka mempercepat peningkatan produksi Pajale (Padi, jagung kedelai) guna membangun swasembada pangan.

Sehingga diperlukan percepatan tanam dan diharapkan petani yang sudah panen agar segera mengolah lahan dan pembuatan pupuk organik.

"Para petani diharapkan bisa membuat sendiri pupuk organik dengan tujuan bisa menekan biaya produksi sehinga tercapai ketahanan pangan sekaligus ketahanan nasional," katanya, Senin, (14/5).

Selain itu, dalam rangka menuju kedaulatan pangan di samping bidang pertanian di bidang yang lain juga harus bisa mengimbangi khususnya masalah ketersediaan daging.

Baik itu ketersediaan daging sapi maupun daging ayam untuk meningkatkan kesejahteraan para petani diwilayah HSS.

"Pelatihan bagi para peternak untuk membuat pakan secara mandiri diharapkan juga bisa menekan biaya produksi. Sehingga nantinya bisa menekan melonjaknya harga daging di pasaran," katanya (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved