Ramadan 2018

Badan Tetap Bugar di Awal-awal Puasa, Simak Tips Ahli Gizi Berikut Ini

Puasa di hari petama kadang membuat sebagian orang lemas, maklum karena masih transisi alias peralihan. Namun ada trik supaya

Badan Tetap Bugar di Awal-awal Puasa, Simak Tips Ahli Gizi Berikut Ini
Fitri Anna SKM RD Gizi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Puasa di hari petama kadang membuat sebagian orang lemas, maklum karena masih transisi alias peralihan. Namun ada trik supaya badan tetap bugar hingga nanti berbuka.

Fitri Anna SKM RD Gizi, ahli gizi dari RS M Ansyari Saleh Banjarmasin, memaparkan beberapa trik antara lain jangan berhenti beraktivitas.

"Karena bila kita mengikuti rasa lemas tersebut, maka hormon-hormon untuk mengeluarkan cadangan energi seperti glukosa tisak akan dikeluarkan oleh tubuh," ujarnya.

Baca: Jadwal Imsakiyah Puasa 2018, Ramadhan 1439 H Beberapa Kota Besar di Indonesia

Baca: Besok Selasa 15 Mei Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa 2018, Muhammadiyah Sudah Pasti 17 Mei 2018

Dengan tetap beraktivitas seperti biasa maka hormon-hormon akan terstimulasi untuk mengeluarkan cadangan glukosa sehingga kadar gula darah akan tetap terjaga, sehingga tubuh tidak akan lemas.

Kemudian selalu mencukupi kebutuhan cairan selama puasa agar tidak mengalami dehidrasi. Karena saat berpuasa manusia tetap membutuhkan asupan air putih sekitar 2 liter atau setara 8 gelas sehari.

Caranya dengan meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat akan tidur.

"Air putih paling direkomendasikan karena merupakan cairan yang paling alami untuk menghidrasi tubuh," jelasnya.

Kemudian sahur dengan menu makan sehat dan padat gizi seperti makan makanan tinggi protein (daging, ayam. ikan, telur, tempe tahu, kacang2an dan lainnya) karena akan lebih efektif meningktkan metabolisme tubuh.

Metabolisme adalah proses dalam tubuh yang mengubah makanan menjadi energi dan hindari makan yamg berlemak jenuh atau berlemak tinggi seperti makan yang bersantan, digoreng atau pakai minyak banyak.

"Jangan makan terlalu kenyang saat sahur nantinya malah cepat lapar dan ngantuk ditambah lagi dengan niat yang kuat untuk berpuasa," pesan Fitri.

Tanamkan dalam diri benar-benar puasa. Pikirkan puasa hanya karena Allah SWT. Harus ikhlas puasanya jangan karens ikut-ikutan atau karena disuruh. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved