Berita Banjarbaru

Tiga Dosen ULM Transfer Ilmu ke Petani Guntung Payung, Dilatih Manfaatkan Lahan Sempit

Tiga dosen dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Hidroponik Sayuran

Tiga Dosen ULM Transfer Ilmu ke Petani Guntung Payung, Dilatih Manfaatkan Lahan Sempit
banjarmasipost.co.id/nia kurniawan
Tiga dosen dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Hidroponik Sayuran dengan media zeolit, lempung dan biomassa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Rasa senang dirasakan warga Kelurahan Guntung payung. Ketua RT 07 RW 3, Muhammad Yuliani berharap warganya yang sebagian besar adalah petani dapat memperoleh ilmu baru yang bermanfaat.

"Meski kegiatan telah berakhir berharap warga tetap bisa didampingi sampai bisa mandiri dalam bertanam secara hidroponik sehingga nanti ada yang mampu mengembangkan usaha hidroponik dalam skala besar," ucap Yuliani.

Perlu sentuhan teknologi dalam bertani. Saat ini sebagian besar petani di kelurahan Guntung Payung bertani dengan sistem konvensional di tanah masam dan gambut. Salah satu kelemahan bertani di lahan gambut adalah kondisi tanah yang labil, masam dan tidak mampu menjerap pupuk dengan baik sehingga boros pupuk dan produktifitasnya rendah.

Baca: Beredar Video Menteri Agama Umumkan Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H Pada Kamis 17 Mei

Apalagi saat musim hujan, sebagian besar pupuk yang ditaburkan oleh petani akan hilang dibawa oleh air hujan ke sungai atau masuk dalam tanah. Dengan metode hidroponik, menanam sayur bisa lebih murah dan produktifitasnya semakin baik.

Tiga dosen dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Hidroponik Sayuran dengan media zeolit, lempung dan biomassa.

Jadi ketua, Sunardi dari fakultas MIPA dan beranggota Wiwin Tyas Istikowati dan Eny Dwi Pujawati dari fakultas Kehutanan.

Teori juga diberikan dengan menghadirkan narasumber serta pelatih pendiri dan pemilik Pa`ijo Hidrofarm dari Tanjung, Tabalong.

Baca: Live RCTI! Live Streaming Persija vs Home United Semifinal Piala AFC 2018 - Rekor Apik Marko Simic

Warga dilatih memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah mereka untuk menanam sayur dengan sistem hidroponik mulai dari menyemai dan menanam secara langsung.

Didukung penuh, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kegiatan ini juga sebagai upaya mengantisipasi kelemahan dan penyempitan lahan pertanian di kelurahan Guntung Payung, Banjarbaru karena pembangunan perumahan. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help