B Focus Economic

Ini Tips yang Diberikan Juragan Raja Cendol kepada Mahasiswa yang Ingin Berbisnis

KEHADIRAN CEO PT JHD Randol Visi Utama, Danu Sofwan di panggung Pertamina Goes to Campus di Banjarmasin mampu membuat para mahasiswi

Ini Tips yang Diberikan Juragan Raja Cendol kepada Mahasiswa yang Ingin Berbisnis
BPost Cetak
bpo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - KEHADIRAN CEO PT JHD Randol Visi Utama, Danu Sofwan di panggung Pertamina Goes to Campus di Banjarmasin mampu membuat para mahasiswi peserta cukup heboh, Senin (14/5).

Danu yang memulai bisnis benar-benar dari nol, bisa membuktikan dengan tekad kerja keras dan konsistensi bisa membangun usaha cukup besar.

Hingga kini dengan nama dagang Randol, Danu sudah melebarkan sayap bisnisnya dengan konsep waralaba hingga 800 outlet seluruh Indonesia.

Baca: Sederet Pebalap MotoGP 2018 Panjatkan Doa atas Aksi Teror Bom, Pray For Indonesia

Membangun bisnis yang dapat berkembang dan sukses diperlukan faktor keilmuan.

Namun, menguasai betul produk yang dikembangkan, mengerti keinginan pasar, mengerti tren adalah modal tak kalah penting.

Menurut dia, mempelajari dan menerapkan konsep marketing mix dan strategi promosi yang sesuai dengan tren pasar juga dinilai sangat membantu dalam mengembangkan usaha.

Baca: Jadwal Imsakiyah Puasa 2018, Ramadhan 1439 H Beberapa Kota Besar di Indonesia

Saat memulai usaha Raja Cendolnya, Danu sudah melakukan berbagai riset dan survei langsung ke pada calon konsumennya.

Termasuk dengan memberikan sampel gratis disertai kuisioner pun ditempuhnya untuk mendapatkan data riil tanggapan dan keinginan konsumen atas produknya.

Apalagi di zaman disrupsi teknologi saat ini, cepat tanggap dan beradaptasi menggunakan strategi memanfaatkan dunia digital juga menjadi hal penting.

Baca: Jadwal THR 2018 - Menaker Minta THR Dibayarkan Paling Lambat Seminggu Sebelum Lebaran

Cara mudah untuk memanfaatkan dunia digital sebagai alat pemasaran dengan meningkatkan keterlibatan konsumen dengan produk.

Tak hanya itu, untuk memulai usaha tanpa modal, para mahasiswa juga bisa memulai berlatih jalankan bisnis dengan sederhana sebagai dropshipper atau reseller untuk melatih aspek pelayanan.

Pengusaha baru juga bisa memulai bisnis tanpa modal dengan bsrmodalkan proposal bisnis yang baik dan bangun kepercayaan agar bisa dapatkan investor sebagai pemodalnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved