Public Services

Kendaraan Baru Tak Pakai Pelat

Kalau tidak diperbolehkan, mohon stakeholder terkait dipercepat prosesnya saat kita beli kendaraan R2 yang baru

Kendaraan Baru Tak Pakai Pelat
istimewa
Ilustrasi sepeda motor 

BANJARMASIN - Mohon nanya Ndan lantas, bolehkah berkendaraan R2 di jalan raya tidak pakai plat/nopol kendaraan? Karena sementara menunggu platnya keluar dari pihak dealer. Kalau tidak diperbolehkan, mohon stakeholder terkait dipercepat prosesnya saat kita beli kendaraan R2 yang baru. Terima kasih. 0816335477

TANGGAPAN:
YTH pembaca Banjarmasin Post.Terima kasih pertanyaan yang saudara sampaikan kepada kami, terkait Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) adalah tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor berupa pelat atau berbahan lain dengan spefikasi tertentu yang diterbitkan Polri. Selain itu pelat nomor adalah untuk memudahkan polisi mengidentifikasi kendaraan.

Perlu kami sampaikan bahwa, setiap kendaraan bermotor yang di operasikan di jalan, baik itu Roda 2 atau lebih, wajib dilengkapi dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ini termuat dalam norma hukum yang mengatur dan dituangkan dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan Pasal 68 ayat (1).

Begitu juga pasal 280 berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (lima ratus ribu rupiah).

Sedangkan berkaitan dengan keterlambatan proses pencetakannya, kami Mohon Maaf dan akan kami koordinasikan dengan Samsat setempat. Terima kasih.

KOMPOL WIBOWO SIK
Kasatlantas Polresta Banjarmasin

PJU Padam Tiga Bulan
BANJARMASIN - Kepada Dinas PU Kota Banjarmasin. Sudah tiga bulan ini lampu penerangan jalan di Kompleks Simpang Gusti VI, Alalak, tidak berfungsi alias mati. Hal ini menyulitkan kami, karena jalan gelap pada malam hari. Penerangan hanya dibantu oleh lampu dari rumah-rumah penghuni kompleks. Tolong Dinas PU agar kembali memungsikan lampu PJU di kompleks kami. Terima kasih.
081348843436

TANGGAPAN:
TIM pemeliharaan PJU akan ke Kompleks Simpang Gusti VI dan melakukan tindak lanjut penanganan PJU. Untuk pelayanan PJU kota Banjarmasin dapat menghubungi di nomor hp/WA: 082153059704. Demikian informasinya, terima kasih.

H CHANDRA IW
Kabid Jalan dan PJU Dinas PUPR Banjarmasin

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help