B Focus Economic

Mau Melamar Kerja? Bikin Desain CV yang Menarik, Hindari CV yang Seperti Ini

GUNA mematangkan pengetahuan dan mental para peserta Pertamina Goes to Campus 2018 di Banjarmasin menghadapi dunia karier

Mau Melamar Kerja? Bikin Desain CV yang Menarik, Hindari CV yang Seperti Ini
BPost Cetak
bpo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - GUNA mematangkan pengetahuan dan mental para peserta Pertamina Goes to Campus 2018 di Banjarmasin menghadapi dunia karier, Pertamina menghadirkan narasumber Officer Human Capital Business Partner Petamina MOR IV, Rizky Nugraha sebagai salah satu pembicara.

Menurut dia, ada dua poin krusial dalam menghadapi seleksi kerja adalah curriculum vitae (CV) dan interview.

Keduanya merupakan tahapan yang dapat menunjukkan perbedaan dan kelebihan agar seorang kandidat memiliki penilaian lebih dibanding yang lainnya.

Baca: Ini Tips yang Diberikan Juragan Raja Cendol kepada Mahasiswa yang Ingin Berbisnis

Melalui desain yang menarik, tak monoton dan konten yang informatif merupakan syarat utama membuat CV.

"Jangan lagi membuat CV yang datar dan membosankan karena tidak akan menarik. Tunjukkan kreativitas pada format CV dan sesuaikan desain dan kreasi CV dengan perusahaan pemberi kerja," kata Rizky.

Berpengalaman dan sudah banyak melakukan interview pada calon pekerja di Pertamina, Rizky juga membocorkan tips-tips efektif agar interview sukses.

Baca: Link LIVE STREAMING Sidang Isbat Kemenag RI, Penentuan Jadwal Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H

"Kuncinya bagaimana kita bisa memberikan impresi positif kepada interviewer," kata Rizky.

Tips lainnya, adalah dengan pertahankan kontak mata, berpakaian rapi dan formal serta perhatikan komunikasi nonverbal termasuk tingkah laku selama proses interview.

Tak ketinggalan, faktor semangat dan minat seorang calon pekerja terhadap perusahaan yang dilamarnya juga menjadi syarat wajib untuk memperbesar peluang diterima bekerja.

Baca: Jadwal THR 2018 - Menaker Minta THR Dibayarkan Paling Lambat Seminggu Sebelum Lebaran

"Karena itu cari informasi terkait profil, sejarah hingga bisnis perusahaan tersebut. Karena tentunya jika tidak mengerti tentang perusahaan tersebut maka akan dinilai calon tidak memiliki minat dan kesungguhan untuk bekerja," kata Rizky.

Cerita pengalaman interview bekerja juga sempat dibeberkan salah satu pegawai Pertamina yaitu Didi Adrian yang sudah bekerja selama 4 tahun di Corporate Communication di Pertamina.

Dijelaskan Didi, tak hanya kesiapan keilmuan dan pendidikan, namun kemampuan tambahan seperti penguasaan bahasa asing juga menjadi modal penting sebagai nilai tambah seorang calon pekerja.

Karena itu, selain mengusahakan untuk mendapatkan nilai akademik yang baik, berorganisasi dan melatih kemampuan bahasa asing sangat diperlukan.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help