Ramadan 2018

Tim Rukyatul di Gunung Kayangan Pelaihari Gagal Lihat Hilal Gara-gara Ini

Tim rukyatul hilal awal Ramadan 1439 hijriah terhalang mendung saat melakukan pengamatan di obyek wisata Gunung Kayangan,

Tim Rukyatul di Gunung Kayangan Pelaihari Gagal Lihat Hilal Gara-gara Ini
Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Tim rukyat di Gunung Kayangan, Tanahlaut, Selasa (15/5/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tim rukyatul hilal awal ramadan 1439 hijriah terhalang mendung saat melakukan pengamatan di obyek wisata Gunung Kayangan, Desa Sungaijelai, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, Selasa (15/5/2018).

Dipimpin Akhmad Syaikhu, Ketua Lajnah Falakiah Nahdlatul Ulama Kalsel, pengamatan dilakukan menggunakan alat khusus yang dibawa dari Kota Banjarmasin.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanahlaut, H Rusbandi mengatakan pengamatan awal ramadan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Tanahlaut dilaksanakan Kementerian Agama Kabupaten berkerjasama dengan Fakultas Syariah UIN Antasari di Banjarmasin dan Lembaga Falakiah PWNU Kalsel.

Baca: Kemenag RI Resmi Umumkan Awal Puasa 2018, 1 Ramadhan 1439 H Pada Kamis, 17 Mei

Baca: Jadwal Imsakiyah Puasa 2018, Ramadhan 1439 H Beberapa Kota Besar di Indonesia

"Kita berharap rukyat hilal berjalan lancar. Jika seluruh Indonesia tidak melihat awal bulan Ramadan, dipastikan Syakban ini genap 30 hari," katanya.

Pengamatan itu juga dipantau Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, Syahrian Nurdin, Ketua PCNU, H Hasan Basri dan Ketua Muhammadiyah Tanahlaut, Akhmad Khairin dan perwakilan Pengadilan Agama Pelaihari.

Ketua Lembaga Falakiah PWNU Kalsel, Akhmad Syaikhu memastikan awal ramadan tidak dapat dilihat dari Gunung Kayangan. Kegiatan itu dilakukan karena pengamatan itu memang harus dilaksanakan.

Hasil dari pengamatan rukyat hilal dimana pun di seluruh Indonesia, jelas Akhmad Syaikhu tidak bisa menentukan awal ramadan. Itu harus dilaporkan kepada sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama untuk penetapan awal ramadan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, Syahrian Nurdin ingin berdiri badan atau lembaga khusus yang akan mengamati awal ramadan dan arah kiblat tempat ibadah di Kabupaten Tanahlaut. (Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved