Ramadhan Zaman Now

Agar Tetap Segar Seharian Berpuasa, Perbanyak Makan Buah Setengah Jam Sebelum Imsak

Menjaga pola makan saat melakukan puasa sangatlah penting. Terlebih, cuaca yang saat ini selalu berubah.

Agar Tetap Segar Seharian Berpuasa, Perbanyak Makan Buah Setengah Jam Sebelum Imsak
banjarmasinpost.co.id/burhani yunus
Tomy Viprianto, SST Ahli Gizi RSUD Ulin Banjarmasin 

BANJRMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjaga pola makan saat melakukan puasa sangatlah penting. Terlebih, cuaca yang saat ini selalu berubah.

Ada beberapa tips buat warga yang menginginkan selalu sehat ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tomy Viprianto, SST Ahli Gizi RSUD Ulin Banjarmasin mengatakan, agar kondisi tubuh tetap seimbang ketika Sahur pada prinsipnya harus memakan makanan gizi seimbang.

Gizi seimbang yang dimaksud mencakapi makan pokok karbohidrat terpenuhi untuk tubuh seperi lauk hewani, lauk nabati sayuran dan buah.

Baca: Live Streaming Sholat Tarawih di Mekkah 1 Ramadhan 1439 Hijriah, Ini Link Live Streaming Makkahlive

Agar tetap segar, katanya, waktu Sahur tidak terlalu jauh dari waktu imsak."Paling tidak setengah jam sebelum imsak," kata Tomy.

Tomy mengatakan, lauk hewani dan nabati seperti lauk sungai, atau ikan laut, daging, tempe dan tahu sehingga memberikan rasa kenyang lama. "Kalau misalnya nasi terlalu banyak sehingga kadar gulanya tidak cepat naik sehingga yang berpuasa cepat lemas.

Tomy menganjurkan, kalau berbuka hendaknya makan jangan langsung banyak sehingga lambung tidak kaget karena berpuas sehari.

"Kalao bisa makan kurma, atau kue satu dua potong tambah segelas air atau teh. Setelah shalat magrib bisa langsung makan," sarannya

Baca: LIVE STREAMING PSS Sleman vs Martapura FC Liga 2 Pekan 5,Ini Live Streaming Youtube Liga1Match

Tomy menambahkan, jadwal makan tetap tidak berubah, misalnya ingin tiga kali sehari. Setelah makan sahur, Magrib, berbuka bisa makan ditambah setelah Sholat Tarawih.

Saat menjalankan puasa, kata Tomy, bagi yang berpuasa hendaknya tetap mengkonsumsi cairan bisa tercukupi 8 sampai 10 gelas perhati ato dua tiga litet perhari.

"Yang penting cairan bisa dipenuhi sehingga tidak lemah saat berpuasa. Perbanyak banyak makan sayur dan buah,"" katanya.

Buat yang puasa ketika berbuka puasa baiknya meminum air hangat jangan es, takutnya daya tahan tubuh tidak. Kalau daya tahan tubuh menerima tidak masalah. Sehngga lambungnya tidak masalah," jelasnya.
(Banjarmasinpost.co.id/buy)

Penulis: Burhani Yunus
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help