Berita Kalteng

Dinas Peternakan Kapuas Mintaa Warga Jangan Takut Hewan Peliharaan Divaksinasi Rabies

Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan kini rutin melakukan vaksinasi terhafap hewan peliharaan.

Dinas Peternakan Kapuas Mintaa Warga Jangan Takut Hewan Peliharaan Divaksinasi Rabies
tribunkalteng.com/jumadi
Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, drh Anik Ariswandari pada saat melakukan suntik vaksin terhadap hewan peliharaan milik warga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS -Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan kini rutin melakukan vaksinasi terhafap hewan peliharaan.

Hal ini agar terhindar dari penyakit yang bisa saja menyebabkan matinya hewan bahkan penularan rabies pada manusia jika tidak diantisipasi sejak dini penyebarannya.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kapuas, Hery melalui Kasi Kesehatan Hewan, Anik Ariswandari, Rabu (16/5/2018) menyebutkan, dengan telah dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan, setidaknya akan dapat terhindar dari rabies, mengingat ini penting untuk dilakukan karena virus tersebut juga bisa membahayakan kesehatan manusia.

Pihaknya meminta kepada pemilik hewan sadar akan pentingnya vaksinasi rabies. Karena selain menular pada anjing, kucing maupun kera, rabies juga bisa menular pada manusia dan menyebabkan kematian. Untuk itu vaksinasi rabies ini sangatlah penting dan masyarakat dapat bekerjasama dengan petugas peternakan yang ada di lapangan.

Baca: Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Tarawih Pada Ramadhan 2018

Baca: 21 Contoh Ucapan Selamat Puasa Ramadhan 2018 untuk Teman, Keluarga dan Sesama Muslim

Baca: Hasil PSS Sleman vs Martapura FC : Skor Babak Pertama 1-0, Petaka Menit Awal

Dokter Anik juga menambahkan, selama ini kendala yang sering ditemui di lapangan, saat melakukan vaksinasi berasal dari ketidakinginan pemilih hewan sendiri, sehingga pihaknya tidak mungkin juga memaksakan.

Padahal, dia kembali menekankan pentingnya vaksinasi rabies tersebut dilakukan secara berkesinambungan, agar Kapuas terbebas dari rabies.

"Ada sebagian pemilik hewan yang sadar, tetapi kadang ada juga yang tidak mau hewannya divaksin karena beranggapan kalau habis divaksin tidak bisa menggonggong lagi dan tidak galak lagi. dikarenakan biasanya anjing berfungsi sebagai Satpam, penjaga rumah atau untuk berburu. Akhirnya kami harus menjelaskan panjang lebar dan merayu pemilik supaya sadar pentingnya vaksinasi rabies untuk mengubah paradigma masyarakat itu,"terangnya. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved