Berita HST

Jamu Musafir dan Warga Berbuka Puasa, Masjid Agung Barabai Ini Anggarkan Rp 1 Juta Per Hari

Seperti dilakukan pengurus Masjid Agung Riyadusshalihin, menyediakan menu buka puasa selama satu bulan penuh.

Jamu Musafir dan Warga Berbuka Puasa,  Masjid Agung Barabai Ini Anggarkan Rp 1 Juta Per Hari
banjarmasinpost.co.id/hanani
Petugas kebersihan dan teknisi Masjid Agung Riyadusshalihin, membersihkan kipas angin dari debu, Rabu (16/5/2018). Pembersihan detil bangun di ruang masjid megah di Hulu Sungai Tengah ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Ramadan 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, dan bulan meningkatkan sedekah. Keberkahan bulan suci umat Islam ini, terasa dengan banyaknya warga, maupun lembaga yang menyelenggarakan buka puasa bersama secara gratis.

Seperti dilakukan pengurus Masjid Agung Riyadusshalihin, menyediakan menu buka puasa  selama satu bulan penuh.

Ketua Umum Pengurus Masjid Riyadusshalihin Barabai, H Iriansyah, Rabu (16/5/2018) menjelaskan, untuk kegiatan buka bersama tersebut, dianggarkan Rp 1 juta per hari. Dananya, hasil infak dan sedekah masyarakat muslim, yang merupakan sisa saldo Ramadan tahun lalu.

Baca: Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Tarawih Pada Ramadhan 2018

“Sisa saldo untuk buka bersama Ramadan tahun lalu, ada Rp 21 juta. Selebihnya, biasanya tertutupi dengan sumbangan masyarakat, baik berupa uang maupun langsung makanannya,”jelas Iriansyah didampingi Sekretaris Pengurus Masjid, Abdul Hay kepada Banjarmasinpost.co.id. Disebutkan, buka puasa bersama, tak hanya ditujukan kepada para musafir. Tapi kepada siapapun warga yang ingin, boleh datang ke Masjid terbesar di HST ini.

“Kami tak membatasi siapa saja yang boleh berbuka di masjid ini. Insya Allah, apa yang disiapkan tim kami selalu cukup. Meski dari tahun ke tahun yang datang terus meningkat,”kata mantan wakil BUpati HST ini. Dijelaskan, selain uang, panitia pelaksana juga menerima sumbangan masyarakat berupa bahan minuman, air mineral, kurma dan makanan lainnya.

Baca: Live Streaming Sholat Tarawih di Mekkah 1 Ramadhan 1439 Hijriah, Ini Link Live Streaming Makkahlive

“Bagi para dermawan, bisa menghubungi kami di nomor 081348411488, 081351242925 serta 0811500655,”tambah Abdul Hay. Dijelaskan, ada delapan keutamaan member makan/minum orang berpuasa berdasarkan hadists Shahih. Keutamaannya, mendapatkan pahala dari orang berpuasa, dengan banyak menderma melalui membukakan orang puasa, dibarengi puasa menjadi jalan menuju syurga.

Selain itu, menggabungkan salat, puasa dan sedekah mengantarkan pada ridho Allah, mendapat buah-buahan di syurga, Ar rahim, Al Makhtum (minuman khamar yang nikmat di syurga. Sedekah juga menyelamatkan seseorang dari panasnya kiamat, menambah berkah harta, meredam murka Allah serta menghapus dosa.

Sementara itu, persiapan salat tarawih, dilaksanakan dengan membersihkan ruang dalam masjid, termasuk perbaikan dan penambahan kipas angin, demi kenyamanan jemaah melakukan salat saat beribadah. “Khusus untuk pembersihan detil-detil interior masjid ini dibersihkan dua kali dalam setahun, yaitu bulan Ramadan dan bulan Rabiul awal, bertepatan maulid Nabi SAW,”jelas pengurus masjid lainnya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help