Berita Kotabaru

Nah Lho, Kejari Akan Bantu PDAM Tagih Tunggakan Air Pelanggan

Menjadi perhatian pelanggan, khususnya pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) untuk tidak melalaikan pembayaran

Nah Lho, Kejari Akan Bantu PDAM Tagih Tunggakan Air Pelanggan
BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah
Kajari Kotabaru Indah Laila (tengah), Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah saat memberikan keterangan pers terkait MoU tentang keperdataan dan tata usaha negara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Menjadi perhatian pelanggan, khususnya pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) untuk tidak melalaikan pembayaran tagihan rekening air yang menjadi kewajiban.

Jika tidak, maka bagi pelanggan yang menunggak tagihan harus berurusan dengan petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotabaru.

Hal itu, menyusul telah diperpanjangnya dokumen Memorandum of Understanding (MoU) antara Kejari dengan PDAM di ruang Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Rabu (16/5/2018).

Kajari Kotabaru Indah Laila SH dalam pers releasenya kepada banjarmasinpost.co.id, mengungkapkan MoU merupakan fungsi perdata dan tata usaha negara.

Baca: Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Tarawih Pada Ramadhan 2018

Baca: Ketahuilah Tiga Bagian Dalam Ramadhan, Ini Amalan-amalan yang Baik Dikerjakan

Dimana kejaksaan selaku pengacara negara baik, pemerintah, perusahaan daerah, perusahaan negara bisa menggunakan jaksa sebagai pengaca negara apabila terjadi permasalahan-permasalah di instansi tersebut.

Maka dari itu, Indah merincikan terkait perpanjangam MoU yang sebelumnya sudah dilakukan pada 2016, lalu dimana fungsi kejaksaan dalam hal ini membantu penagihan tunggakan pembayaran air.

Belum cukup dengan dasar MoU, namun pelaksanaan fungsi dalam penagihan, pihaknya juga mendasari dengan surat kuasa khusus (SKK) dibuat PDAM.

"Misal ada 10 penunggak, PDAM sudah melakukan penagihan tapi sulit akhirbya PDAM memberikan kuasa khusus kepada kejaksaan untuk melakukan penagihan. Teknisnya kami coba memanggil, setoran tetap di PDAM. Kejaksaan hanya menerima buktinya," kata Indah kepada banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkannya, terlepas dari permasalahan tersebut, kejaksaan juga akan membantu jika ada persoalan lain dihadapi PDAM.

Misal ada gugatan atau melakukan gugatan soal sengketa lahan menjadi hak milik PDAM.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help