Berita Balangan

Penyandang Disabilitas di Dua Kecamatan Dapat Bantuan Dinsos Balangan

Penyandang disabilitas sering dianggap tidak mampu melakukan kegiatan, dan menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat

Penyandang Disabilitas di Dua Kecamatan Dapat Bantuan Dinsos Balangan
Humas Pemkab Balangan
Dinas Sosial Kabupaten Balangan melalui Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lansia Terlantar Bidang Rehabilitasi Sosial dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Dinas Sosial Kabupaten Balangan melalui Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lansia Terlantar Bidang Rehabilitasi Sosial dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan serta instasi terkait dan tokoh masyarakat Kecamatan Lampihong, Kecamatan Paringin melakukan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK).

Penyandang disabilitas sering dianggap tidak mampu melakukan kegiatan, dan menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat, dikarenakan terbatasnya kemampuan gerak/mobilitas mereka. Hal ini menimbulkan masalah psikis dan sosial bagi penderitanya.

Salah satu program Dinas Sosial Kabupaten Balangan adalah memberi pelayanan kepada penyandang disabilitas, agar mereka dapat melaksanakan fungsi sosial/berinteraksi secara wajar dalam keberadaan mereka dimasyarakat, sehingga keterbatasan karena kedisabilitasannya tidak menjadi halangan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Baca: Kumpulan Ucapan Maaf Awal Puasa 2018, Ramadhan 1439 H

Memulai program tersebut, Dinas Sosial pada tahun ini memberikan alat bantu berupa kursi roda sebanyak 6 unit, tongkat kruk, dan alat bantu dengar kepada penyandang disabilitas yang tidak mampu di Kecamatan Lampihong dan di Kecamatan Paringin.

"Himungnya ulun dapat kursi roda, ini gasan ulun kasakulahan," ujar Rahman salah satu penyandang disabilitas asal desa Murung Ilung Kecamatan Paringin.

Baca: Jadwal Live PSS Sleman vs Martapura FC Liga 2 Pekan 5 Hari Ini, Tanpa Christian Gonzales

Ia baru saja lulus sekolah dasar dan bercita-cita ingin melanjutkan ke sekolah lanjutan.

Baca: Klasemen & Jadwal Siaran Langsung (Live) TV Liga 1 2018 Pekan 9 : Suruh Laga Malam Hari

Kepala Dinas Sosial melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Azhari Azmi kepada banjarmasinpost.co.id mengatakan, bahwa program kegiatan pendayagunaan penyandang disabilitas dan penyandang eks trauma sudah di programkan dalam renstra lima tahun.

"Adanya program ini juga sekaligus menangkap aspirasi masyarakat yang diusulkan di dalam musrenbang di Kabupaten Balangan, selain itu diharapkan alat bantu tersebut dapat bermanfaat memulihkan kemampuan fisik, psikis, dan mental mereka untuk berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari," harapnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved