Ramadhan Zaman Now

100 Stan Ramaikan Pasar Ramadan, Begitu Diresmikan Hujan Pun Mengguyur

Pasar Ramadan tahunan rutin hadir di kota Barabai, Hulu Sungai Tengah dan kota kabupaten lainnya di Kalsel.

100 Stan Ramaikan Pasar Ramadan, Begitu Diresmikan Hujan Pun Mengguyur
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
Pembukaan hari pertama, sekaligus peresmiannya dilaksanakan Kamis sore (17/5/2018) oleh Plt Bupati HST HA Chairansyah, bersama ketua TAPI PKK HST Hj Ernawati, disaksikan unsur mupida kabupaten serta undangan lainnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pasar Ramadan tahunan rutin hadir di kota Barabai, Hulu Sungai Tengah dan kota kabupaten lainnya di Kalsel.

Pembukaan hari pertama, seklaigus peresmiannya dilaksanakan Kamis sore (17/5/2018) oleh Plt Bupati HST HA Chairansyah, bersama ketua TAPI PKK HST Hj Ernawati, disaksikan unsur mupida kabupaten serta undangan lainnya.

Usai peresmian yang ditandai penguntingan rangkaian melati di pintu masuk pasar Ramadan, dilanjutkan dengan meninjau seluruh stand yang ditempati para pedagang yang khusus menjual menu khas berbuka puasa tersebut.

Baca: Doa Buka Puasa Ramadhan 1439 H/2018 M yang Dilakukan dan Diajarkan Rasulllah

Sayangnya, Plt Bupati dan rombongan, tak sampai selesai mengunjungi 100 Stand yang ditempati pedagang. Hujan cukup deras tiba-tiba Mengguyur kota Barabai.

Bupati dan istri serta muspida dan para undangan yang sudah dilengkapi payung itupun keburu balik dan mengakhiri kunjungan.

Chairansyah disela kunjungan pasar Ramadan tersebut mengungkapkan, HST merupakan daerah yang kaya aneka ragam kuliner khas daerah. Antara lain kue-kue basahnya seperti bingka barandam, bingka tapai, paisan lumbu (pucuk keladi) serta masakan lainnya.

Baca: Live Streaming Perseru Serui vs Barito Putera Liga 1 Pekan 9 via Link Live Streaming Vidio.com

"Untuk kue basahnya, tidak dibulan Ramadanpun sebenarnya ada. Tapi saat ramadhan, lebih lengkap dan mencarinya lebih mudah, karena terpusat di pasar ini," kata Chairansyah yang mengaku dia sekeluarga favorit kue parantatak (kue berbahan tepung dan pisang serta santan kelapa).

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan HST, H Yuserani menjelaskan, tahun ini pemkab memfasilitasi pembangunan pasar Ramadan yang berlokasi di Pasar Hanyar Barabai tersebut, bekerjasama dengan pihak ketiga.

"Yang membangun pihak ketiga, dengan sewa Rp 400 ribu per stand. Pemkab HST hanya menarik retribusi serta untuk kebersihan,"kata Yuserani.

Mengenai lokasi, seperti tahun lalu, hal tersebut sesuai aspirasi pedagang yang ingin pasar Ramadan di sekitar pasar Hanyar. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help