Berita Banjarmasin

BPJS Ketenagakerjaan Sosialiasikan Perlindungan Tenaga Kerja Perorangan, Ini Jaminannya

BPJS Ketenagakerjaan terus mensosialiasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja mandiri atau perorangan

BPJS Ketenagakerjaan Sosialiasikan Perlindungan Tenaga Kerja Perorangan, Ini Jaminannya
ist
Pasar murah BPJS Ketenagakerjaan di Kelurahan Telaga Biru, Banjarmasin disertai sosialiasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja mandiri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - BPJS Ketenagakerjaan terus mensosialiasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja mandiri atau perorangan atau yang disebut dengan tenaga kerja bukan penerima upah (BPU).. Sosialiasi ini disampaikan saat pasar murah di Kelurahan Sungai Miai Selasa (15/5/18) dan Kelurahan Telaga Biru Rabu (16/5/18) lalu.

"Program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja mandiri/ perorangan atau yang disebut dengan tenaga kerja BPU seperti pedagang dan tukang terus kita sosialiasikan.

Sosialiasi ini kita lakukan saat pasar murah di Kelurahan Sungai Miai Selasa (15/5/18) dan Kelurahan Telaga Biru Rabu (16/5/18) lalu," kata Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin, Dian Zulfikar, Kamis (17/4/18).

Dijelaskan Dian, untuk pasar murah BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka menyambut bulan ramadhan di Kelurahan Telaga Biru terdiri dari satu paket isinya 5 kg beras, 4 liter minyak goreng kemasan, dan 2 kilogram gula seharga 150 ribi dijual dengan harga Rp 75 ribu.

Baca: 20 Kumpulan Kata Kata Puasa dan Ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Zaman Now

Baca: Doa Hari Pertama Bulan Puasa  Sampai Hari ke 10 Ramadhan Lengkap dalam Bahasa Arab dan Latin

Baca: Rekrutmen dan Seleksi CPNS Dibuka 27 Juni 2018, Pengumuman Formasi Mei Ini

Baca: Resmi, Ini Jadwal Rekrutmen dan Seleksi CPNS 2018 dari KemenPAN RB

"Ada 600 paket di Kelurahan Telaga Biru dan 1.000 paket di Kelurahan Sungai Miai.

Di acara pasar murah tersebut kita sosialiasikan program perlindungan bagi masyarakat pekerja mandiri," ," katanya.

Dijelaskan Dian, iurannya hanya Rp.16.800 per bulan untuk 2 program (jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian), sedangkan iuran jaminan hari tua Rp.20.000 per bulan

Dan jika ada kasus kecelakaan kerja, biaya perawatan dan berobat tidak berbatas (sesuai indikasi medis).

Baca: Endarto Sebut Pemprov Kalsel Tak Mendadak Mencabut Izin IUP PT Sebuku Group

Baca: Polda Kalsel dan Tiga Polda Lain di Indonesia Resmi Naik Menjadi Tipe A

Menurut Dian. apabila tenaga kerja tak bisa kerja yang menyebabkan kehilangan penghasilan karena sakit akibat kecelakaan kerja, maka akan dapat santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Begitu juga apabila sampai meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan Rp.57.000.000, dan manfaat yang lain apabila tenaga kerja meninggal dunia apapun penyebabnya akan mendapatkan Rp.24.000.000.

(banjarmasinpost.co.id/ogi)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help