Berita Hulu Sungai Tengah

Jika Ikhlas Gaji Dipotong untuk Keperluan Ini, ASN HST Diminta Tandatangani Blanko

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten HST Muhammad Gazali, Kamis (17/5/2018) menyampaikan teknis pengeluaran zakat para ASN

Jika Ikhlas Gaji Dipotong untuk Keperluan Ini, ASN HST Diminta Tandatangani Blanko
Hanani
Rakor Badan Amin Zakat Hulu Sungai Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pengumpulan Zakat, Infaq dan Sadaqoh (ZIS) bagi Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST), kembali disosialisasikan pada rapat koordinasi optimalissi pengumpulan ZIS.

Rapat koordinasi tersebut, dipimpin Sekda HST H Akhmad Tamzil, di aula Kantor Bappelitbangda HST.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten HST Muhammad Gazali, Kamis (17/5/2018) menyampaikan teknis pengeluaran zakat para ASN, Disebutkan, penyetoran ZIS, dilakukan melalui bendaharawan masing-masing dinas.

Baca: Dewi Perssik Dikabarkan Bercerai dengan Suami Ketiga Angga Wijaya? Ini Ucapan Menohok Depe

“Kami sudah menyediakan blanko surat pernyataan tanda bersedia mengeluarkan zakat. Setelah di isi dan ditanda tangani, artinya yang bersangkutan sudah iklas gajinya dipotongm menyisihkan sebagian rezeki tersebut untuk kepentingan umat,” kata M Gazali.

Baca: Gara-gara Senbatsu Uza, Admin Akun Twitter Presiden Jokowi Dibebas Tugaskan, Jagat Maya Heboh!

Berdasarkan surat pernyataan di blanko itulah, jelas Gazali, setelah diserahkan, bendahara melakukan pemotongan 2,5 persen dari gajinya. Selanjutnya setelah semua zakat di intansi tersebut terkumpul, disetorkan kepada Sekretariat Baznas HST, yang berkantor di kompleks mesjid Agung Riyadusshalihin Barabai.

Baca: Liga 1 2018 Persebaya vs Persib Ditunda, Tim Maung Bandung Sudah Siapkan Laga Ini sebagai Ganti

Sebelumnya, dikurangi lima persen untuk unit pengumpul zakat serta biaya operasional. Namun, bisa pula disetorkan ke rekening bank yang sudah ditunjuk oleh Baznas HST yang turut mengelola dana zakat, infaq dan sadaqah para ASN.

Kegiatan rakor, selain dihadiri Kepala SOPD di lingkungan Pemkab HST, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, UPZ, juga pihak perbankan dan undangan lainnya.

Sekda HST AKhmad Tamzil mengimbau agar Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di dinas, badan, kantor dan instansi vertikal se kabupaten HST segera berkoordinasi tentang pelaksanaan tersebut, agar pengumpulan ZIS di kalangan ASN di HST dapat terlaksana dengan baik dan optimal.

“Tentunya tujuan akhirnya adalah masyarakat langsung merasakan manfaatnya. Khususnya bagi fakir miskin dan orang-orang yang berhak menerimanya,”kata Tamzil.

Dijelaskan, optimalisasi pengumpulan ZIS di kalangan ASN di Kabupaten HST, Instansi Vertikal, BUMN serta BUMD ini merupakan tindak lanjut instruksi Gubernur Kal Sel, yang kemudian ditindaklanjuti dengan surat edaran Bupati HST.(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved