Relawan Serba Bisa Balakar 545 Kapuas

Tingkatkan Kemampuan Memadamkan Kebakaran, Ini yang Dilakukan Balakar 545 Kapuas

Pengurus Balakar 545 Kapuas mendatangkan beberapa orang insruktur dari Manggala Angni Palangkaraya yang memiliki pos unit di Kapuas

Tingkatkan Kemampuan Memadamkan Kebakaran, Ini yang Dilakukan Balakar 545 Kapuas
istimewa
Balakar 545 Kapuas pada saat mengkoordinir latihan bersama dengan BPK dan PMK gabungan di Kapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Untuk mengasah kemampuan dan dapat menaklukkan ganasnya kobaran api pada saat terjadi kebakaran, Balakar 545 Kapuas setiap hari Minggu sore mengajak BPK dan PMK gabungan yang ada di Kota Kapuas untuk bersama-sama berlatih cara melakukan pemadaman dengan benar, baik dan aman.

Latihan itu dengan mengambil tempat di Dermaga Danau Mare atau di samping Gedung GPU Jalan Kalimantan. Di dua lokasi ini selain tempatnya sangat strategis juga air yang digunakan sangat melimpah.

Masih menurut penuturan Rahmat, Pengurus Balakar 545 Kapuas, mereka sengaja mendatangkan beberapa orang insruktur dari Manggala Angni Palangkaraya yang memiliki pos unit di Kapuas."Mereka ahli di bidang penanggulangan kebakaran, jadi SDM mereka tak diragukan lagi,"jelas Rahmat.

Baca: Resmi, Ini Jadwal Rekrutmen dan Seleksi CPNS 2018 dari KemenPAN RB

Pada saat latihan bersama, jumlah anggota BPK dan PMK gabungan ratusan lebih. Salah satu yang diajarkan dan sangat penting bagi keselamatan anggota pemadam disebutkan jangan menyemprot sebelum listrik dipadamkan oleh petugas PLN. Sebab kalau dipaksanakan, maka resikonya akan fatal.

Kemudian cara aman membawa selang maupun membawa mesin portable pemadam. Juga yang terpenting bahwa setiap hari meain pemadam harus dihidupkan. BBM harus dalam keadaan ful, sehingga apabila ada kebakaran, mesin tidak macet. (banjarmasinpost.co.id/jd)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help