Ramadhan Zaman Now

Mau Bertemu Lailatul Qadar di Bulan Puasa? Lakukan Amalan dan Doa Menurut Guru Sekumpul

Selain segala kebaikan kita bakal diganjar pahala berlipat ganda, di bulan puasa ini ada satu malam yang istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN-Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan.

Selain segala kebaikan kita bakal diganjar pahala berlipat ganda, di bulan puasa ini ada satu malam yang istimewa yaitu malam lailatul qadar.

Malam ini sangat istimewa.

Siapa yang bisa menemuinya diyakini akan sangat beruntung, karena di malam ini segala doa kita dikabulkan Allah.

Baca: Jadwal Buka Puasa Hari Kedua Jumat 18 Mei 2018, Ramadhan 1439 H 27 Kota Besar & Doa Buka Puasanya

Baca: Tata Cara Sholat Tahajud, Pas Dikerjakan Jelang Makan Sahur pada Ramadhan 2018

Saking spesialnya, malam ini kerap disebut pula sebagai malam seribu bulan dan hanya ada sekali dalam setahun, yaitu hanya di bulan Ramadhan.

Lebih tepatnya lagi, itu hanya hadir di malam tanggal-tanggal ganjil bulan Ramadhan.

Baca: Doa Buka Puasa Ramadhan 2018 Beserta Sunah-sunah Rasulullah SAW Terkait Berbuka Puasa

Baca: Niat Sholat Tarawih dan Witir, Baik Berjemaah, Sendirian untuk Imam Maupun Makmum Ramadhan 2018

Menurut KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau yang lebih dikenal sebagai Guru Sekumpul, ada beberapa malam yang bagus untuk kita berdoa karena tidak akan pernah ditolak oleh Allah.

Kelima malam itu adalah malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya Idul Fitri dan malam hari raya Kurban atau Idul Adha.

“Di malam-malam ini, sebaiknya kita banyak berdoa,” ujar pendakwah terkenal dari Kalimantan Selatan ini dalam video ceramahnya di YouTube.

Khusus di malam Lailatul Qadar, karena saking istimewanya pula, bahkan Nabi Muhammad dan keluarga beliau selalu menantikan kehadiran malam tersebut.

“Pernah satu ketika, istri Nabi, Siti Aisyah meminta diajari doa yang harus dibaca di bulan puasa agar bisa bertemu Lailatul Qadar. Kemudian diajari oleh Nabi Muhammad, ini doanya “Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.” Artinya, ya Allah ya tuhanku, sebenarnya Engkau sangat Pemafaat, Pemurah, senang memberi maaf, maafkan segala dosa dan kesalahan hamba,” ujarnya.

Selain itu, Nabi Muhammad juga menganjurkan umatnya agar memperbanyak beribadah di bulan puasa, khususnya di malam-malam ganjil seperti salat hajat, salat sunah tasbih, dan sebagainya agar bisa mendapatkan Lailatul Qadar.

“Di malam Lailatul Qadar itu, semua doa kita dikabulkan Allah, tidak pernah ditolak. Lebih khususnya lagi di sepertiga malamnya. Oleh sebab itu, perbanyaklah beribadah dan berdoa,” katanya lagi. (banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal)

Lihat video di atas:

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help