Berita Tanahbumbu

Tahun Ini Tak Ada Pasar Wadai di Pagatan, Ini Alasannya

Puasa ramadan kali ini dirasakan berbeda oleh para pedagang yang ada di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Puasa ramadan kali ini dirasakan berbeda oleh para pedagang yang ada di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu.

Tahun ini mereka tak difasilitasi pemerintah daerah untuk lokasi pasar wadai (cake fair).

Akhirnya, mereka pun harus mencari tempat sendiri atau membangun sendiri.

Sebelumnya, pedagang kue diberikan fasilitas tempat dan tenda khusus di depan Pasar Pagatan atau di pinggir Jalan Nasional di Pagatan.

Baca: Terduga Teroris Ganteng, Muhammad Choir LDRan dengan Istrinya dan Curhat Ini Kepada Tetangganya

Berdasarkan sumber yang tak mau disebutkan namanya, keinginan mereka tak diakomodir Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disorpar) Tanahbumbu.

Dinas menginginkan lokasi di depan kecamatan, namun pedagang tidak mau karena dianggap sepi.

Pedagang minta di lokasi sebelumnya yaitu pasar Pagatan atau lokasi yang ramai.

Hanya saja, keinginan itu tak diindahkan dinas terkait sehingga pasar wadai yang difasilitasi pemerintah batal dilaksanakan di Pagatan.

Baca: Lagi Ngojek Online Disergap, Sang Ayah Tak Percaya Anaknya Terduga Teroris yang Memiliki Bom

Kepala Dinas Kepemudan olahraga dan Pariwisata Tanahbumbu, Nahrul Fajeri, Jumat (18/5/18) tak membantah dengan informasi tersebut.

Phaknya ingin menata tempat agar terlihat elok.

"Kami berupaya menata yang nuansanya bagus bersih, nyaman dan pengunjung mudah berbelanja. Bukan tidak mengindahkan karena kami mau menata yang terbaik, disamping itu setelah dikoordinasikan dengan kawan-kawan usulan perlunya roling kecamatan pelaksanaan pasar wadai ini," katanya.

Dikatakannya, pelaksaan Ramadhan Cake Fair(Pasar wadai) yang dilaksanakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata sebagai fasilitasi atau stimulus kepada kelompok masyarakat yang memiliki ketrampilan mengolah kue-kue basah.

Baca: Mengerikan! Kaki Tiba-tiba Nyebul di Kuburan, Setelah Digali Ada Perempuan Berabut Pirang

Menurutnya, bila sudah terkelompok dan terbiasa tiap bulan Ramadhan berjualan, maka kecamatan, desa atau kelurahan melaksanakan kegiatan pasar wadai Ramadhan tersebut.

"Tahun ini pun akhirnya pelaksanaan Ramadhan Cake Fair atau pasar wadai ini dilaksanakan roling ke kecamatan yang belum ada kegiatan pasar wadainya. Karena kecamatan Batulicin belum pernah dilaksanakan Ramadhan Cake Fair ini maka Ramadhan tahun 2018 ini dilaksanakan di Batulicin," katanya.

Sementara untuk pagatan dia arahkan dikoordinir oleh kecamatan dan para pedagang kuenya juga sudah menyatakan sanggup melaksanakan dengan swadaya atau mandiri.

"Mengapa kami tidak melaksanakan disemua kecamatan, sebab dana kami terbatas. Pasar wadai sebenarnya dilaksanakan desa atau kelurahan juga bisa dan difasilitasi oleh para camat dan sekarang ini sudah ada kecamatan lain yang melaksanakan di desa-desa atau kelurahan," katanya.

Penulis: Man Hidayat
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help